Hamster adalah binatang kecil lucu berekor pendek yang menyerupai tupai dengan kantong pipi yang dapat memuat makanan. Dengan tingkah lakunya yang lucu membuat hamster menjadi binatang peliharaan yang menghibur. Obaja Nolvic H. Sekeon
Hamster, a short-tailed, burrowing rodent, Cricetus frumentarius or cricetus, with large cheek pouches, inhabiting parts of Europe and Asia, any of various other rodents of the same genus and allied genera. The Lexicon Webster Dictionary

Wednesday, May 11, 2011

MENGAWINKAN HAMSTER

Referensi artikel 
didapat dari:
Hamster-Club







Sebelum mengawinkan hamster, ada baiknya bertanya dulu kepada diri sendiri kenapa Anda ingin membiakan hamster, karena sebenarnya Anda bisa mengadopsi beberapa hamster lagi yang Anda suka tanpa harus membiakan hamster Anda. Karena sudah begitu banyak hamster yang lahir di tempat-tempat penjualan hamster yang sangat membutuhkan orang untuk mengadopsi mereka.

Namun bila Anda tetap ingin mengawinkan hamster-hamster Anda atau Anda mempunyai hamster yang tiba-tiba hamil tanpa sepengetahuan dan keinginan Anda, informasi berikut ini akan menolong Anda untuk membuat proses kelahiran hamster berjalan dengan baik.

Hamster Sirian betina sudah bisa di kawinkan pada saat berumur 4 minggu, tapi sebaiknya mengawinkan hamster untuk pertama kalinya saat mereka berumur 4 sampai 6 bulan.

Hamster Mini dapat dikawinkan pada saat mereka berumur 3 sampai 4 bulan, sementara hamster Roborovski jangan dikawinkan sebelum mereka mencapai umur 8 bulan.

Sesudah hamster betina melahirkan, berikan mereka waktu 4 bulan istirahat untuk memulihkan kondisi mereka sebelum Anda mulai untuk mengawinkan mereka kembali. Kesuburan hamster betina untuk bisa ber-reproduksi sampai pada umur 12-14 bulan.

Hamster betina akan mulai terangsang kembali setelah 4 hari yang berarti hamster betina bisa berhubungan dengan hamster jantan untuk melakukan perkawinan pada setiap 4 hari kemudian.

Hamster betina hanya bisa diperkenalkan kepada yang jantan di tempat yang baru, jadi bukan di kandang si betina ataupun di kandang si jantan. Ini juga berlaku untuk Hamster Cina. Jika hamster betina menyerang yang jantan berarti hamster betina itu sedang tidak terangsang. Namun apabila hamster betina sedang terangsang, hamster betina itu akan menerima si hamster jantan untuk melakukan perkawinan. Namun sebaliknya dengan Hamster Mini, mereka lebih mudah untuk dikawinkan. Pada saat meletakkan Hamster Mini yang jantan dan betina dalam satu kandang, hamster betina itu akan segera hamil. Jika Anda melihat ada darah disekitar kelamin si betina, itu berarti hamster betina itu baru saja melakukan persetubuhan dengan yang jantan untuk pertama kalinya.

Pengecualian untuk Hamster Sirian dan Hamster Cina, adalah sangat penting untuk memisahkan hamster jantan setelah mereka melakukan perkawinan karena Hamster Sirian dan Hamster Cina adalah hamster yang soliter. Dan untuk Hamster Mini, ada baiknya memisahkan hamster jantan pada saat hamster betina melahirkan, karena si hamster betina akan sangat cepat terangsang lagi sesudah melahirkan, dan yang jantan pasti akan langsung melakukan persetubuhan lagi dengan yang betina dan ini sangat tidak baik dan tidak sehat untuk si hamster betina untuk mulai mengandung lagi. Dan untuk Hamster Mini, apabila dua atau lebih Hamster Mini betina yang satu kandang ada yang mengandung, Anda dapat membiarkan hamster betina yang tidak mengandung tetap di dalam kandang, karena mereka akan saling membantu si induk hamster untuk merawat bayi-bayinya.

Pada saat hamster betina sudah mulai mengandung, hamster betina itu akan mulai membuat sarang 2 hari sebelum hamster betina itu melahirkan, perutnya akan mulai sangat terlihat besar. Beberapa hamster betina akan sagat agresif pada saat kelahiran bayi-bayinya sudah mulai dekat.

Lamanya mengandung untuk Hamster Sirian adalah 16 hari. Hamster Campbel, Winter White, dan Hamster Cina adalah 18 sampai 21 hari, sedangkan Hamster Roborovski 23 sampai 30 hari.

Pada saat hamster betina sudah melahirkan bayi-bayinya, sangat penting diingat untuk tidak memegang wilayah sarang dan bayi-bayi hamster tersebut dan juga jangan membersihkan kandangnya selama tiga minggu, jika tidak si induk hamster akan merasa terganggu dan akhirnya membunuh bayi-bayinya. Namun apabila memang sangat perlu untuk membersihkan kandang pada saat induk hamster masih menyusui bayi-bayinya, Anda bisa menggunakan sedikit tissue untuk mengelap atau membersihkan kandang tapi jangan sampai menyentuh atau memegang wilayah sarang dimana induk hamster dan bayi-bayinya bersarang. Berikan roti yang sudah di celup di dalam susu di wadah lain terpisah dari makanan pokok hamster, karena roti yang sudah dicelup ke dalam susu akan memberikan protein ekstra kepada induk hamster dan bayi-bayinya. Tiga kali sehari ganti roti yang sudah di celup ke dalam susu itu dengan yang baru. Dan kandang harus diletakan di tempat yang tenang, karena tempat yang bising atau ribut akan membuat induk hamster stress.

Bayi-bayi sudah mulai bisa dipisahkan dengan induknya pada saat bayi-bayi itu sudah berumur 4 minggu karena pada saat itu bayi-bayi hamster sudah cukup besar secara sexual. Untuk Hamster Mini, Anda bisa tetap membiarkan anak-anak hamster yang betina dengan ibu mereka dan memisahkan anak-anak hamster yang jantan dengan meletakan mereka di kandang lain guna menghindari mereka saling mengawini. Jangan pernah memperkenalkan anak-anak hamster yang jantan dengan ayah mereka atau meletakan mereka didalam kandang sang ayah, karena sang ayah tidak dapat menerima mereka dan hanya akan membuat anak-anak hamster itu takut. Untuk Hamster Sirian dan Hamster Cina, sangat baik kalau meletakkan anak-anak mereka di kandang yang terpisah, jadi satu kandang untuk satu anak hamster. Namun dari banyak laporan, bahwa untuk Hamster Sirian, anak-anak mereka dapat hidup harmonis dalam satu kandang dengan di pisahkan berdasarkan jenis kelamin. Mereka dapat hidup bersamaan karena berasal dari satu saudara sejak lahir dengan menyediakan kandang yang cukup nyaman untuk mereka sehingga mereka bisa mendapatkan makanan secara adil dan jogging wheel dan shelter tempat mereka tidur dan bersarang. Diterjemahkan oleh Obaja

*Untuk informasi original berbahasa Inggris
silahkan kunjungi Hamster-Club:


1 comment:

  1. Above article and photos are property of http://hamster-club.com/reproduction.asp

    ReplyDelete