Hamster adalah binatang kecil lucu berekor pendek yang menyerupai tupai dengan kantong pipi yang dapat memuat makanan. Dengan tingkah lakunya yang lucu membuat hamster menjadi binatang peliharaan yang menghibur. Obaja Nolvic H. Sekeon
Hamster, a short-tailed, burrowing rodent, Cricetus frumentarius or cricetus, with large cheek pouches, inhabiting parts of Europe and Asia, any of various other rodents of the same genus and allied genera. The Lexicon Webster Dictionary

Friday, May 20, 2011

PENYAKIT HAMSTER

Referensi artikel
didapat dari:
Hamster-Club

Mempunyai hamster yang sehat adalah keinginan semua pemilik hamster. Namun apabila Anda mempunyai hamster yang menderita suatu penyakit, Anda harus berbuat sesuatu dan jangan hanya berharap hamster Anda akan sembuh dengan sendirinya. Berikut adalah macam-macam penyakit hamster dan cara perawatan dan pengobatannya. Jadi memang menjadi tugas dan tanggung jawab kita untuk merawat serta memberikan pengobatan untuk hamster peliharaan kita jika mereka sakit atau terluka.

1. Hamster Flu, Pilek atau Masuk Angin (Colds)

Hamster yang terserang Flu dapat disebabkan oleh udara yang dingin dan lembab, jadi penting untuk meletakan kandang hamster di tempat yang jauh dari tempat yang becek dan tetesan air yang menciprati kandang hamster. Letakan di tempat yang kering dengan suhu yang normal. Gejala hamster yang terserang Flu, Pilek atau Masuk Angin adalah hamster sering bersin, hidung hamster terlihat basah, nafas hamster yang terdengar berat dan hamster selalu duduk dengan posisi membungkuk. Sangat penting untuk diingat, jangan pernah memandikan hamster Anda dengan air. Salah satu sebab hamster terserang Flu adalah karena hamster dimandikan. Dan jangan pernah juga memegang hamster Anda bila Anda sedang terserang Flu atau Masuk Angin karena hamster mudah terjangkit flu dari manusia. Hamster yang terserang Flu harus diletakkan ditempat yang kering dan di dalam ruangan yang hangat. Makanan yang lembut sangat baik untuk hamster yang sakit. Menambahkan sedikit madu yang dicampur dengan air sangat membangkitkan selera hamster untuk minum. Anda juga dapat memberikan hamster Anda susu hangat dicampur dengan air. Namun susu hangat ini harus diganti dengan yang baru setiap tiga kali sehari selama dua hari.

2. Hamster Ekor Basah (Wet Tail)

Hamster Ekor Basah atau yang biasa disebut dalam bahasa Inggris Wet Tail adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan dapat menyebabkan diare yang parah. Stress dan ketidak seimbangan diet dapat menjadi penyebab utama dari hamster yang menderita Wet Tail. Salah satu contoh hamster yang stress adalah pada saat perjalanan yang jauh dari petshop ke rumah, atau pada saat pindah rumah. Area sekitar anus hamster menjadi lengket dan terlihat basah. Jadi bila hamster Anda mengalami ekor yang basah, segera bawa hamster Anda ke dokter hewan yang biasa mengurus binatang-binatang kecil atau yang biasa disebut Vetenarian atau sebut saja Vet. Hamster yang sakit biasanya bergerak sangat lamban, diam dan tidak mau makan. Hamster yang mengalami ekor yang basah adalah penyakit yang sering dialami oleh Hamster Sirian. Cairan Isotonik dapat diberikan secara oral kepada hamster yang sakit dan vet (dokter) biasanya akan memberikan resep obat atau antibiotik untuk hamster. Antibiotik Metronidazole POM biasanya sangat ampuh untuk mengobati masalah gangguan perut dan ekor yang basah. Dosisnya adalah 20-60mg/kg dua kali sehari. ‘DriTail’ adalah salah satu obat yang ampuh untuk mengobati hamster yang terserang ekor yang basah (tapi saya tidak yakin obat itu dijual di Indonesia, tapi saya harap ada dan tersedia di petshop-petshop seluruh Indonesia). Anda dapat menaruh obat DriTail ke dalam botol minum untuk mempercepat kesembuhan hamster. Jika hamster Anda tidak mau makan, paksakan dengan memberikannya sayuran yang sedikit cairannya dengan disertai makanan pokok hamster yaitu biji-bijian. Tambahkan makanan hamster dengan pemanis seperti madu guna untuk menggairahkan nafsu makan untuk kesembuhan hamster. Dan hamster harus diletakan di tempat yang hangat dan lingkungan yang tenang untuk mengurangi stress. Kandang bekas hamster yang mati harus di buang atau dicuci dengan menggunakan banyak sabun lalu di semprot dengan cairan pembasmi kuman.

3. Hamster Urine Merah (Reddish Urine)

Urine atau air seni yang berwarna merah dapat disebabkan oleh jenis campuran makanan hamster atau dari berbagai jenis pellet. Pada saat Anda melihat urine hamster Anda berwarna merah, pertama periksalah apakah penyebabnya dikarenakan oleh makanan kemasan hamster. Mengganti dengan merek lain mungkin dapat membantu supaya urine hamster kembali normal. Alasan lain dari urine hamster berwarna kemerahan, mungkin juga dapat disebabkan oleh karena kencing batu atau infeksi pada kandung kemih.

4. Hamster Kencing Batu (Bladder Stones)

Gejala dari hamster yang mengalami kencing batu adalah adanya sedikit tetesan kencing darah yang keluar dari kelamin hamster. Hamster akan kesakitan pada saat kencing dan hamster akan terlihat lemas. Dengan memberikan daun Dandelion akan memperlancar pengeluaran air seni sehingga batu-batu yang ada di kandung kemih akan keluar. Daun Dandelion dapat di petik dari ladang atau bisa juga memperolehnya dari orang yang menjual sayuran. Cara lain untuk mengobati hamster yang terkena kencing batu adalah dengan mencampur sedikit garam meja kedalam botol minum atau menaruhnya sedikit kedalam makanan hamster. Tambahan sedikit jus buah kedalam air yang sudah tercampur dengan air akan membuat minuman menjadi lezat untuk diminum. Anda juga dapat memberikan sedikit sayuran dan makanan basah seperti roti yang sudah di rendam oleh cairan seperti jus buah. Memberikan hamster dengan ekstra vitamin C juga dapat membantu menyembuhkan hamster dari kencing batu.

5. Hamster Diare (Diarrhoea)

Hamster yang terkena diare dikarenakan oleh pemberian makan yang tidak benar atau tidak teratur dan sering juga dikarenakan oleh kandang yang basah dan becek. Makanan yang sudah busuk atau air minum yang kotor serta pemberian buah dan sayuran yang berlebihan merupakan penyebab hamster terkena diare. Gejala dari hamster yang diare adalah kotoran yang berwarna hijau, lembek dan ukuran kotoran (feces) yang besar atau ukuran yang tidak seperti biasanya. Jika hamster Anda terkena diare, buang semua makanan yang berair seperti buah dan sayuran dari kandang. Berikan hamster Anda hanya makanan kering seperti roti bakar kering dan garing serta nasi. Ganti air minuman dengan Teh Chamomile atau teh hitam biasa yang hangat dan diganti dengan yang baru setiap tiga kali sehari selama dua hari. Setelah hamster Anda sudah mulai sembuh, kandang segera di bersihkan dan di cuci dengan cairan disinfektan.

6. Hamster Sembelit (Constipation)

Hamster yang terkena sembelit di karenakan oleh penyumbatan di usus besar. Ini bisa disebabkan oleh bedding yang termakan atau dikarenakan hamster kurang mengkonsumsi makanan yang berair seperti sayur dan buah-buahan. Hamster akan terlihat sangat tidak nyaman atau sakit di sekitar perut dan akan berhenti makan. Coba berikan buah dan sayuran seperti Selada dan daun Dandelion sebagai tambahan di makanan hamster atau berikan setetes minyak sayur seperti Minyak Zaitun secara langsung di mulut hamster. Ulangi cara itu selama dua hari. Dan pastikan hamster selalu mendapatkan air bersih yang segar.

7. Hamster Ambeien (Rectal Prolepses)

Hamster Ambeien adalah suatu penyakit dimana sebagaian dubur hamster terlihat keluar dari anus. Masalah ini dapat diatasi oleh seorang vet yang ahli mengobati binatang-binatang kecil. Biasanya vet akan membius di bagian dubur lalu mendorong kedalam bagian dubur yang keluar lalu menjahitnya di sekitar anus untuk mencegah terjadinya Ambeien lagi. Pilihan lain adalah dengan mengangkat bagian dubur yang keluar itu, bila memang bagian dubur itu sudah sangat rusak. ‘Ruta’ dan ‘AEsculus’ dapat menggantikan dubur yang sudah rusak tersebut.

8. Hamster Diabetes (Diabetes)

Hamster yang menderita Diabetes biasanya dialami oleh Hamster Mini terutama Hamster Campbel. Diabetes biasanya turun menurun. Salah satu gejala hamster yang terserang Diabetes adalah: hamster akan sering minum, bulu yang rontok di sekitar perut dan tangan, kencing yang berlebihan, tidur yang berlebihan dan tidak seperti biasanya, hamster menjadi keseringan bermain jogging wheel, penurunan atau naiknya berat badan, dan hamter sering gemetar. Dengan memberikan diet makanan bebas gula akan sangat membantu kesehatan hamster yang terkena diabetes. Makanan-makanan snack khusus hamster kemasan pabrik dan buah-buahan harus dihindari karena makanan tersebut mungkin mengandung fruktosa. Anda harus bisa menambahkan diet makanan yang berprotein ke dalam makanan hamster seperti Kacang Kedelai, telur rebus, dan keju. Dan sediakan selalu air yang bersih di botol minum untuk mencegah hamster terkena dehidrasi.

9. Hamster Stroke (Strokes)

Ketika hamster mengalami stroke, kadang hamster akan mengalami kepala yang miring dan selanjutnya hamster akan mulai berlari dengan berputar-putar. Stroke terjadi pada saat malam hari jadi gejala awal hamster terkena stroke bisa terlihat pada pagi harinya dimana hamter terlihat sangat tidak seimbang dan kepala hamster akan miring sebelah. Biasa stroke terjadi apabila umur hamster sudah sangat tua. Alasan lain mengapa hamster terkena stroke adalah mungkin disebabkan oleh suhu yang panas. Jadi sangat penting untuk meletakan kandang hamster di suhu ruangan antara 65⁰F/18⁰C dan 80⁰F/26⁰C. Hamster yang menderita stroke dapat hidup lebih lama dan normal walaupun dengan kondisi kepala yang miring. Hamster yang mengalami kepala miring sebelah bisa juga disebabkan telinga hamster bagian dalam mengalami infeksi, dan kadang juga infeksi di bagian pernafasan. Hamster yang terserang kepala yang miring sebelah akan kehilangan keseimbangannya. Dan apabila hamster mulai berjalan dia akan berjalan berputar. Bakteri biasanya adalah penyebabnya dan dapat diobati dengan resep antibiotik dari vet. Dan tumor di otak juga penyebab lain dari hamter yang sering berlari berputar. Gejala lain dari stroke adalah ketika hamster yang sedang biasa beraktivitas tiba-tiba akan ‘terdiam’ tidak bergerak selama beberapa menit seperti di hipnotis. Dan hamster yang terkena stroke perlu dibantu untuk makan dan minum, karena hamster yang terkena stroke kesulitan untuk makan. Berikan hamster yang terkena stroke kehidupan yang nyaman dan bersih sehingga hamster dapat hidup normal. Kesabaran merupakan faktor yang sangat penting bila hamster Anda terkena stroke.

10. Kutu Kulit Hamster (Skin Mites)

Kutu kulit merupakan parasit yang sangat berbahaya. Kutu kulit pada hamster adalah parasit yang berbentuk seperti laba-laba, kutu itu bisa masuk ke dalam kulit hamster sehingga sangat sulit terlihat. Jika ada hamster yang terkena kutu dan hamster itu hidup berkoloni dalam satu kandang, maka seluruh koloni atau semua hamster yang berada satu kandang akan terkena kutu juga. Kutu-kutu itu juga dapat berjangkit kepada binatang lain, jadi bukan hanya hamster. Dan apabila Anda mempunyai anjing yang menderita karena kutu, jangan pernah membiarkan anjing Anda mendekati hamster, karena kutu anjing terutama yang mempunyai sayap dapat hinggap dan bersarang di kulit hamster sehingga hamster akan terkena kutu juga. Begitu juga sebaliknya, untuk hamster yang terkena kutu jangan biarkan anjing Anda mendekati hamster. Kutu dapat menyebabkan rasa gatal yang sangat sehingga hamster akan sering menggaruk dan akibatnya hamster akan kehilangan banyak bulu dan kulit yang rusak. Gunakan spray anti-kutu khusus hamster apabila hamster Anda terserang kutu. Disinfektan seluruh kandang dengan mencuci dan menyemprot dengan spray anti-kutu. Tapi jangan menyemprotkan spray anti-kutu langsung kepada hamster, Anda dapat menyemprotkan terlebih dahulu ke sikat gigi atau cotton bud lalu usapkan menyeluruh ke badan hamster, sesudah itu keringkan dengan menggunakan tissue atau kain bersih yang kering. Semprotkan dua atau tiga kali ke kandang hamster yang sudah di cuci bersih. Dan jangan lupa untuk melihat petunjuk penggunaan spray anti-kutu di bungkus kemasan. Cara lain adalah dengan mengusapkan seluruh badan hamster dengan minyak Zaitun, usapkan sampai hamster terlihat basah, lalu keringkan dengan tissue atau kain kering yang bersih tapi jangan terlalu kering. Lalu sediakan pasir mandi hamster, dan biarkan hamster berguling-guling sambil membersihkan badannya. Ulangi cara ini setiap hari sampai terlihat hamster terbebas dari kutu.

11. Kutu Kuping Hamster (Ear Mites)

Kutu yang bersarang di telinga hamster disebut Notoedres. Kutu ini bersarang dan hidup disekitar telinga hamster namun dapat menyebar ke sekitar wajah dan kaki hamster. Kutu hamster yang bersarang di kuping, berkembang dan hidup disekitar telinga sehingga telinga hamster menjadi infeksi dan hamster menjadi sangat alergi dan selalu menggaruk telinganya. Kulit hamster yang terinfeksi kutu kuping ini akan menjadi tebal dan keras serta berwarna hitam. Hamster akhirnya menjadi sangat terinfeksi di sekitar kepala karena kutu-kutu itu terus berkembang. Langkah pertama untuk menanggulanginya adalah dengan mencuci bersih kandang dengan disinfektan. Gunakan bedding dari tissue seperti tissue toilet roll atau bedding kertas. Perawatan untuk hamster yang terkena Kutu Kuping adalah dengan cara disuntik dengan obat Ivermectin oleh veterinarian (dokter hewan khusus hewan kecil) atau bisa juga dengan cara oral. Pemberian Ivermectin setiap seminggu sekali selama beberapa minggu sampai ada tanda hamster sembuh dari infeksi Kutu Kuping. Obat krim dapat diberikan untuk mengurangi rasa gatal. Kandang hamster harus sering di cuci untuk mencegah datangnya Kutu Kuping kembali. Untuk kulit yang sudah menjadi borok dan mengeras dapat diolesi minyak Zaitun, Lavendar, Rosemary, daun teh dan minyak bawang putih atau Garlic Oil. Karena di Indonesia jarang orang mengenal Lavendar dan Rosemary, Anda dapat juga menggunakan Minyak Tawon.

12. Kanker atau Tumor Hamster (Tumors)

Hamster dapat menderita benjolan yang semakin hari semakin besar dan sangat dianjurkan untuk segera menemui vet bila Anda sudah melihat tanda benjolan di sekitar badan hamster supaya benjolan itu bisa diatasi lebih dini sehingga tidak menjadi parah. Biasanya resiko hamster terkena kanker tumor adalah pada saat umur hamster sudah beranjak tua. Hamster yang terkena kanker dan tumor biasanya dapat diberikan perawatan intensif. Tumor yang biasanya sudah diangkat dapat datang kembali. Operasi kecil yang dilakukan vet kadang tidak berjalan dengan baik karena ukuran badan hamster yang kecil dan antibiotik kadang membahayakan hamster. Memang sangat disesalkan bahwa kanker dan tumor biasanya diakibatkan oleh inbreeding, yang adalah hasil pembiakan hamster dengan satu darah seperti kakak dan adik, ibu dan anak, ayah dan anak yaitu hamster yang berasal dari satu darah atau saudara selahiran yang dikawinkan. Hamster yang menderita tumor dapat hidup seperti biasanya namun hindari benda tajam atau benda-benda yang mempunyai sudut yang tajam. Semua benda-benda itu harus diambil dari dalam kandang karena benda-benda yang mempunyai ujung yang tajam dapat menyebabkan tumor pecah. Namun bila tumor itu pecah, olesi segera dengan minyak sayur seperti minyak Zaitun.

13. Kista Hamster (Cysts)

Kista adalah benjolan yang berisi cairan. Kadang benjolan itu berisi udara atau cairan yang agak mengeras. Kista dapat menjadi besar dan biasanya kista timbul di dekat mulut bawah yaitu leher, dengan demikian hamster akan kesulitan untuk menelan bila kista semakin besar dan akibatnya hamster tidak bisa mengkonsumsi makanan. Pengobatan pada kista hamster dapat dilakukan oleh vetenarian. Pengobatan tersebut dilakukan dengan cara mengosongkan benjolan yang berisi cairan tersebut yang walaupun nantinya akan muncul kembali. Jika kista tersebut pecah, Anda dapat mengolesi dengan minyak Zaitun seperti prosedur pengobatan pada tumor yang pecah.

14. Hamster Kekurangan Protein (Protein Deficiency)

Hamster yang kekurangan protein pada pola makanannya akan ada efeknya pada kesehatan hamster. Salah satu dampak hamster yang kekurangan protein adalah kuku hamster yang tidak kuat, kuku yang rusak atau patah, bulu yang rontok, pneumonia (radang paru-paru), tidak subur dalam hal pembiakan, serta pertumbuhan yang bermasalah terutama untuk anak-anak hamster atau hamster muda. Jadi berikan makanan hamster yang berprotein sangat bagus untuk kesehatan hamster. Protein dapat ditemukan di biji-bijian seperti kacang kedelai, keju, telur rebus, daging ayam dan sapi yang di kukus atau di rebus.

15. Kuku Hamster Kepanjangan (Overgrown Nails)

Jangan pernah memotong kuku hamster sampai pendek. Potong kuku hamster hanya apabila kuku hamster sudah mulai melingkar atau menekuk ke dalam. Anda dapat membeli pemotong kuku untuk hewan kecil atau pemotong kuku untuk anak kucing dan anjing di petshop, bisa juga dengan cara online di eBay atau Anda bisa membawanya ke vetenarian untuk dilakukan operasi kecil untuk memotong kuku hamster yang sudah menekuk ke dalam. Pemotong kuku spesial untuk hewan kecil ini memiliki ujung yang sangat aman untuk memotong kuku hamster sehingga kuku hamster dapat dipotong dengan baik.

Cara memotong kuku hamster:
Pegang hamster Anda dengan sangat lembut namun kuat. Tenangkan hamster Anda terlebih dahulu, dan jangan pernah mulai untuk memotong kuku hamster Anda sebelum hamster tenang. Pelan-pelan pegang jari hamster dan dorong sedikit keluar sehingga kuku hamster yang kepanjangan terlihat jelas. Lihat di bagian yang agak hitam. Bagian ini adalah daging dibawah kuku dan jangan sampai Anda memtong daging yang dibawah kuku tersebut. Letakan pemotong kuku hamster di depan bagian daging di bawah kuku lalu mulai memotong kuku hamster satu persatu. Jika Anda tidak sengaja memotong daging yang di bawah kuku maka kuku itu akan mulai berdarah. Jika terjadi pendarahan, yang berarti darah terus keluar dari dalam kuku hamster, Anda dapat mengusapkan Styptic Pencil (sebatang kecil tawas ) yang dijual di counter-counter untuk mencukur jenggot atau kumis. Gunanya Styptic Pencil adalah untuk menahan darah yang keluar.

16. Gigi Hamster Kepanjangan (Overgrown Teeth)

Panjang gigi hamster normal adalah 15mm atau bahkan bisa lebih pendek. Gigi hamster terus bertumbuh jadi berikanlah sesuatu untuk di kunyah atau di gigit hamster seperti kayu yang bebas pestisida yang dijual di petshop, biskuit anjing, batu mineral untuk menjaga panjang gigi hamster tetap terkendali. Banyak hamster selalu menggigiti jeruji kandang supaya gigi hamster selalu runcing, tapi apabila hamster tidak mempunyai sesuatu untuk di gigit, gigi hamster akan mulai kepanjangan dan akibatnya gigi hamster akan menusuk mulut atau rahang hamster, sehingga hamster akan mengalami kesulitan untuk makan sehingga hamster akan mati kelaparan. Apabila gigi hamster terus menjadi panjang, bawalah hamster Anda ke vet. Vet itu akan menunjukan cara bagaimana mengasah gigi hamster bila gigi hamster menjadi kepanjangan lagi. Gigi hamster dapat dipotong dengan menggunakan gunting kuku tapi harus hati-hati jangan sampai lidah atau pipi hamster terluka, tergores akibat gunting kuku. Cara memotong gigi hamster adalah dengan cara memegang di bagian tengkuk hamster sambil perlahan membuka mulut hamster seperti memaksa hamster untuk ‘tersenyum’ dan pastikan hamster tidak bergerak. Letakkan gunting kuku di sekitar gigi hamster yang akan di potong. Pastikan ujung gunting kuku yang bagian tajamnya berada di sekitar gigi yang akan di potong, lalu tekanlah gunting kuku secara pasti dan potonglah gigi tidak lebih dari 1 milimeter.

Kenapa gigi hamster dapat patah?
Gigi hamster dapat mudah patah apabila makanan hamster yang sering diberikan rendah kalsium. Biskuit anjing (Dog Biscuit) adalah sumber kalsium yang baik untuk di konsumsi hamster. Memberikan hamster hanya dengan biji Bunga Matahari tidak akan memberikan gizi kalsium yang baik untuk hamster. Oleh karena itu, berikan hamster makanan yang baik dengan campuran gizi yang seimbang itu sangat penting.

Apa yang terjadi bila salah satu gigi hamster patah atau copot?
Jika ini terjadi, yang artinya bila gigi bawah yang copot berarti gigi atas akan mulai tumbuh berlebihan atau dengan kata lain kepanjangan, begitu pula sebaliknya. Jika dibiarkan ini akan berakibat komplikasi. Biasanya gigi hamster yang rapuh, mudah patah atau copot dikarenakan faktor usia hamster yang sudah tua. Jika gigi hamster patah atau copot, gejalanya hamster akan berhenti makan karena hamster akan kesulitan untuk mengkonsumsi makanan. Jika kasus ini menimpa hamster Anda, berikan hamster makanan yang lembut seperti roti tawar yang sudah di celup di dalam susu, telur acak tanpa minyak dan garam atau telur rebus. Bisa juga makanan hamster yang sudah di rendam di dalam air sehingga menjadi lembut dan lembek sehingga memudahkan hamster untuk mengunyah.

17. Hamster Glaukoma (Glaucoma)

Salah satu penyakit yang menimpa hamster adalah glaukoma. Glaukoma berpengaruh pada mata hamster yaitu mata hamster akan menjadi besar. Bila hamster menderita glaukoma, di mata hamster akan terdapat kelebihan cairan sehingga hamster akan kehilangan penglihatannya. Efeknya hamster akan menggaruk matanya sehingga mata menjadi besar keluar dari rongganya. Hamster yang terkena glaukoma dapat disebabkan oleh tangan yang kotor pada saat memegang hamster, berkelahi atau dapat juga disebabkan karena memegang hamster terlalu kuat pada saat mengangkat hamster di bagian tengkuk atau atas leher. Hamster memang mempunyai bola mata yang besar untuk dapat mengenali predator namun bila hamster terkena glaukoma bola mata hamster menjadi rusak. Namun di sayangkan tidak ada perawatan yang spesifik untuk hamster yang menderita glaukoma, jadi membawa hamster yang terkena glaukoma ke vet atau dokter hewan sangat membantu hamster yang menderita glaukoma, karena vet akan memberikan obat pereda rasa sakit karena glaukoma biasanya menimbulkan rasa sakit di sekitar bola mata. Glaukoma memang akan merusak pandangan hamster, tapi karena memang pandangan hamster juga buruk jadi bagi hamster tidak ada masalah. Berikan tetes mata yang diberikan oleh vet untuk menjaga kelembaban mata hamster. Jangan mengawinkan hamster yang terkena glaukoma karena akan mengakibatkan generasi yang tidak sehat.

18. Mata Hamster Lengket (Sticky Eyes)

Penyebab hamster menderita mata yang lengket disebabkan oleh kelebihan air mata sehingga menjadi kotoran yang melengket di sekitar mata. Kotoran mata yang berlebihan akan membuat kelopak mata hamster menjadi lengket dan susah untuk di buka. Biasanya mata hamster akan terlihat merah. Penyebabnya adalah hamster alergi terhadap sesuatu benda, dari banyak kasus penyebabnya adalah bedding. Debu bedding atau potongan bedding yang sangat kecil masuk ke dalam kelopak mata hamster. Hamster akan menggaruk matanya sehingga kondisi mata menjadi sangat parah. Perawatan untuk hamster yang terkena sakit mata yang lengket adalah sering-sering mata hamster di lap dengan menggunakan kain bersih yang sudah di celup di air yang hangat. Jika memungkinkan, ganti bedding dengan bedding kertas atau tissue. Gunakan saja tissue roll toilet yang murah dan tidak berbau parfum. Hindari penyegar udara, cairan pembersih karpet dan asap rokok di sekitar kandang hamster, karena itu semua akan membuat mata hamster menjadi tambah alergi dan tidak nyaman. Teteskan cairan Euphrasia di dalam air yang sudah direbus dan juga tetesan pereda sakit seperti Pulsatilla ke dalam botol minum hamster untuk meredakan mata hamster yang lengket.

19. Hamster Obesitas (Obesity)

Hamster yang obesitas terjadi karena kelebihan berat badan, yang diakibatkan oleh pemberian makanan hamster yang salah sehingga kesehatan hamster terganggu. Badan hamster akan terlihat sangat gemuk dan juga hamster menjadi sangat malas dan jarang sekali bergerak. Solusi untuk hamster yang obesitas adalah dengan memberikan treat yang manis, di oleskan atau di campur dengan sayur-sayuran. Tingkatkan hamster untuk berolah-raga seperti Bola Hamster atau Hamster Ball. Jadi dengan menggunakan Hamster Ball, hamster akan dipaksa untuk berolah-raga sehingga berat badan hamster menjadi normal kembali dan sehat. Anda juga bisa membiarkan hamster Anda berlari-larian di kamar, namun selalu di jaga sambil memperhatikan hamster Anda yang sedang berlari-larian di kamar Anda.

20. Gangguan Pernapasan Hamster (Respiratory Problems)

Gejala dari hamster yang menderita gangguan pernafasan adalah: terengah-engah, dan pernapasan hamster terlihat pelan dan kadang menimbulkan bunyi pada saat hamster bernafas. Dan juga hamster akan terlihat terengah-engah karena keletihan walau hanya olahraga atau bermain jogging wheel yang hanya beberapa menit. Sebisa mungkin segala aktifitas olahraga harus di kurangi jadi sangat membantu bila mengambil tingkatan kandang sehingga kandang hanya satu level dan ambil jogging wheel dari dalam kandang. Juga ganti bedding yang berdebu seperti serutan kayu dangan mengganti bedding dengan bedding kertas atau tissue. Jika terjadi infeksi pernapasan yang berkelanjutan, berikan antibiotik yang di anjurkan oleh vet atau dokter hewan. Antibiotik untuk membantu pernapasan hamster adalah Carbo Veg. atau Arsenicum Album yang dugunakan sebagai pengobatan paru-paru, namun semua antibiotik itu harus oleh resep dan pengawasan vetenarian.

21. Hamster Lumpuh (Paralysis)

Hamster yang lumpuh diakibatkan oleh kecelakaan seperti jatuh dari ketinggian. Bila terjadi demikian Anda harus membiarkan hamster Anda sendirian di dalam kandang jauh dari gangguan dengan lingkungan yang tidak berisik sehingga hamster dapat kembali pulih. Dan jika hamster tidak mau makan setelah kejadian jatuh dari ketinggian dan lumpuh, Anda harus menyuapi hamster dengan makanan yang lembut dan lembek seperti makanan bayi atau Baby Food. Biasanya hamster yang lumpuh akan sembuh dengan sendirinya namun ada juga yang tidak dan malahan bertambah buruk keadaannya, tapi kasus itu jarang terjadi. Mencegah sebelum terjadi kecelakaan adalah yang terbaik. Paling utama adalah kandang hamster yang aman bebas dari sudut-sudut yang tajam. Tangga di dalam kandang harus kuat dan stabil. Dan juga tangga yang di dalam kandang harus terbuat dari plastik dan bukan kawat. Hamster harus di awasi pada saat bermain di luar kandang bahkan bila hamster bermain di dalam kamar Anda sekalipun hamster harus di pantau. Jangan biarkan hamster memanjat perabotan yang tinggi karena hamster bisa meloncat secara tiba-tiba dan akibatnya hamster akan jatuh dari ketinggian yang dapat menyebabkan kelumpuhan.

22. Bulu Hamster Berminyak (Greasy Fur)

Hamster yang bulunya berminyak bertanda bedding kandang tidak diganti secara teratur. Mengganti bedding kandang sangat penting untuk menjaga kandang supaya tidak berbau. Bedding kandang harus diganti dengan yang baru setidaknya sekali seminggu. Untuk bahan hamster membuat sarang atau nesting lebih baik menggunakan tissue. Hamster yang sudah tua biasanya mengalami bulu yang berminyak terutama Hamster Roborovski. Hamster yang mempunyai bulu berminyak bisa juga bertanda hamster sedang sakit yang berarti hamster terlalu lesu atau tidak bersemangat untuk membersihkan bulunya. Bila hamster Anda terlihat lemah dan lesu, Anda harus segera membawa hamster Anda ke vet karena itu pertanda hamster Anda sedang sakit. Hamster yang bulunya berminyak juga bisa diakibatkan bawaan dari gen atau memang sudah keturunan dari induk hamster. Jika Anda menggunakan minyak di jogging wheel hamster supaya tidak berisik, mungkin juga bulu hamster yang berminyak berasal dari situ. Jadi periksalah selalu jogging wheel hamster Anda sebelum menyangka bahwa hamster Anda sakit.

23. Bulu Hamster Rontok (Fur Problem)

Masalah yang sering terjadi pada bulu hamster adalah bulu yang rontok, rusak, kering, kulit yang gatal serta kulit yang menjadi kemerahan. Penyebabnya adalah parasit yang menempel pada kulit hamster, alergi, serta ketidak seimbangan hormon serta pemberian makanan yang salah. Induk hamster biasanya akan kehilangan bulu disekitar putting susu ketika masa menyusui bayi-bayi hamster. Hamster yang sudah tua juga akan mengalami kerontokan bulu yang disebabkan oleh tingkatan hormon yang semakin tua. Hamster yang alergi juga dapat menjadi penyebab utama dari kerontokan bulu. Bedding serutan kayu Cedar juga dapat menyebabkan bulu hamster rontok. Jadi bila hamster mengalami kerontontokan bulu berikan bedding berbahan kertas atau tissue. Hamster dapat menjadi alergi oleh beberapa jenis makanan tertentu. Jadi perlu diperhatikan bila hamster mengalami alergi yang dikarenakan oleh pemberian makanan baru. Berikan makanan yang biasa saja seperti biji-bijian tanpa pellet bila hamster alergi dikarenakan makanan. Menggunakan bedding tissue juga sangat dianjurkan jika bedding yang dipakai membuat hamster alergi. Jika Anda sudah mengetahui sumber dari penyebab hamster alergi, segera pisahkan hamster dari benda tersebut.

24. Penyakit Kulit Hamster (Skin Problems)

Gambar di atas menunjukan hamster yang terkena penyakit kulit di bagian tangan. Penyebabnya adalah dari bedding atau dari perubahan pemberian makanan atau dari gaya hidup sifat hamster itu sendiri. Jika penyebabnya adalah bedding, ganti bedding segera dengan tissue, karena tissue roll toilet terbukti aman sebagai bedding hamster. Jika tidak ada perubahan setelah mengganti dengan bedding tissue, coba perhatikan makanan hamster, apakan penyebabnya oleh karena pemberian makanan yang menyebabkan masalah pada kulit hamster. Perlu diperhatikan bila masalah penyakit hamster disebabkan oleh suhu yang tinggi atau agak panas. Suhu ruangan untuk hamster adalah 65⁰F/18⁰C dan 80⁰F/26⁰C. Anda juga bisa tidak menggunakan bedding jadi hanya alas jeruji namun pijakan kaki hamster jadi tidak nyaman sehingga kaki hamster kadang-kadang masuk di selah-selah jeruji atau bahkan yang bahaya kaki hamster dapat nyangkut dan susah untuk dilepas, oleh karena itu letakan Magic Mat dari Oasis diatas alas jeruji. Magic Mat bisa di dapat di petshop-petshop atau yang mudah dengan menggunakan alas kardus, lalu berikan tissue untuk hamster membuat sarang atau nesting. Hamster yang mempunyai masalah dengan kulit harus segera di rawat atau di atasi supaya masalah di kulit tidak semakin parah. Jadi monitor selalu apa penyebab yang membuat kulit hamster bermasalah.

25. Hamster Kurap (Ringworm)

Kurap pada hamster disebabkan oleh jamur yang berkembang di kulit dan kuku hamster. Jika jamur semakin berkembang, bulu hamster akan menjadi pitak. Foto atas menunjukan hamster yang menderita kurap di bagian kepala. Kurap pada hamster biasanya semakin berkembang pada kandang plastik, karena jamur dapat terus bertumbuh pada suhu yang lembab dengan sirkulasi udara yang tidak bagus. Gunakan selalu sarung tangan pada saat memegang hamster yang terkena kurap. Pengobatannya adalah mandikan hamster setiap 4 minggu sekali dengan menggunakan shampoo Povidoneiodine atau Antifungals seperti Eniconazole atau Natamycin. Kandang hamster harus sering-sering di cuci. Kandang hamster harus diletakan di tempat yang tidak sumpek atau ruangan dengan saluran udaranya baik dan kandang harus di semprot atau di cuci dengan cairan disinfektan yang ampuh membunuh kuman.

26. Hamster Terluka atau Memar (Cuts and Bruises)

Ada saatnya hamster terluka karena kecelakaan dan untuk mengobatinya dengan mengoleskan krim daun teh (Tea Tree Cream) pada luka atau di sekitar badan yang memar. Tea Tree Cream dapat dibeli di petshop atau di apotik bila tempat Anda tidak ada petshop. Jika Anda menempatkan lebih dari satu hamster, perlu juga mengolesi pada hamster yang lain Tea Tree Cream juga supaya hamster yang lain tidak menyerang hamster yang sedang dalam perawatan. Tea Tree Cream adalah antiseptik yang sangat ampuh untuk mengobati luka, memar dan bekas cakaran pada tubuh hamster serta dapat membuat proses penyembuhan menjadi lebih cepat.

27. Hamster Bengkak Bernanah (Abscesses)

Hamster yang mempunyai bentolan bernanah disebabkan oleh infeksi bakteri yang berkembang di dalam tubuh hamster akibat luka. Luka yang dikarenakan oleh perkelahian atau hamster yang jatuh dari kandang dan tergores. Gejala hamster yang menderita bentolan bernanah adalah pembengkakan yang semakin besar dan apabila pecah akan mengeluarkan cairan nanah yang sangat bau. Bentolan yang bernanah pada hamster dapat dikeringkan oleh vet. Setelah bentolan itu dikeringkan, bentolan itu harus sering-sering dibersihkan setidaknya dua kali sehari dengan antiseptik seperti Tamodine (Vetark Professional). Perawatan ini harus sering dilakukan guna memastikan bentolan bernanah itu tidak datang lagi.

28. Bentolan Tahi Lalat (Moles)

Bentolan seperti tahi lalat pada hamster terjadi karena usia hamster yang sudah tua. Jika hamster sudah berumur lebih dari 1 tahun, secara Alami tubuh hamster akan mengalami beberapa perubahan seperti benjolan tahi lalat. Benjolan tahi lalat tidak berbahaya bahkan itu normal karena umur hamster yang menjadi tua. Hamster yang mengalami benjolan tahi lalat ini dapat hidup normal dengan makanan dan rutinitas yang teratur.

29. Hibernasi Hamster (Hibernation)

Hamster sangat nyaman pada suhu ruangan antara 18⁰C/65⁰F dan 26⁰C/80⁰F. Suhu yang tiba-tiba berubah drastis akan menyebabkan hamster hibernasi. Dan hamster yang hibernasi akan berakibat kematian. Jika Anda perhatikan secara seksama, hamster akan terlihat sulit bernafas dengan nafas yang sangat pelan. Untuk menghindari hamster yang mengalami hibernasi, pastikan kandang hamster jauh dari saluran atau pipa udara tempat angin keluar masuk. Jika hamster Anda tiba-tiba mengalami hibernasi, Anda harus segera meletakannya di tempat yang hangat. Letakan hamster di dalam akuarium dekat dengan lampu pemanas reptile atau lampu bohlam 15 watt karena cara ini terbukti ampuh dan aman untuk hamster yang hibernasi. Anda juga dapat meletakan dekat hamster botol yang berisi air hangat 30⁰C/86⁰F sekitar 1 atau 2 jam. Ulas-ulas hamster dengan sangat lembut. Itu sangat membantu hamster untuk bangun. Tambahkan gula pada makanan dan di dalam botol minum hamster. Ukurannya adalah 1 sendok teh gula untuk satu mangkok air. Beberapa saat kemudian hamster akan terlihat gemetar tapi itu normal dan bertanda hamster sudah membaik. Pada saat hamster sudah bangun kembali, berikan makanan yang lembut atau makanan bayi (Baby Food) selama 3 hari. Diterjemahkan oleh Obaja

*Untuk informasi original berbahasa Inggris
silahkan kunjungi Hamster-Club:

119 comments:

  1. Above page property of http://hamster-club.com/health.asp

    ReplyDelete
  2. maksi infonya,,,mau sdikit tnya ,,,gmn mengatsi bulu rontok pada hamster?
    makasi,,,,,

    ReplyDelete
  3. Hallo Rasty, thx udah mau nanya. Ok Rasty, sy coba bantu.

    Klo bulu hamster rontok ada byk sebab, antara lain bisa disebabkan oleh makanan yg terlalu byk kadar garamnya, jd disarankan utk tidak memberikan hamster makanan snack manusia. Bisa jg disebabkan oleh cuaca yg panas, karna hamster binatang yg paling rentan dengan cuaca panas, jd klo bs letakan kandang hamster ditempat yg teduh, dengan udara yg baik seperti ada angin sepoi2, Rasty bisa merasakan sendiri klo suhu di sekitar kandang hamster teduh apa tidak ya kan? Dan satu lagi bisa disebabkan oleh hamster sudah tua atau alergi dengan bedding kandang... Hamster tua biasanya bermasalah dengan bulu dan kulit... Bulu jadi rontok dan sedikit.. Klo menggunakan bedding serutan kayu sebisa mungkin semingu sekali diganti dengan yg fresh.

    Jadi, klo hamster Rasty bulunya rontok coba diperhatikan kondisi hamster itu.

    Untuk pengobatan, menurut saya cukup diberikan makanan berprotein tinggi seperti kacang kedelai, keju dan telur rebus dgn porsi sedikit sekali, soalnya keju dan telur rebus bukan makanan utama hamster dan juga telur rebus yg tersisa dapat membuat kandang bau dan bersemut sehingga membuat kandang menjadi tidak nyaman buat kandang.

    Coba aja dulu cara diatas... Semogga bulu hamsternya bisa kembali normal... Btw, hamsternya jenis apa?

    ReplyDelete
  4. siang
    sy mau tanya "Apa penyebab hamster AMBEIEN?"
    hamster sy bulan lalu ada keluar darah lewat lubang anusnya, sy brtnya ke sana sini, semua menjawab Lg HAID..
    sy jadi tenang2 saja..
    sekitar 3minggu kemudian, hamster sy ambeien, sy sudah melakukan berbagai cara utk mengobatinya..
    sy bahkan memberikannya Propolis, tp tetap tdk bisa sembuh...
    hamster sy jadi kurus, jd buta, tdk mau makan & minum, jd lemah, malah terakhir jd lumpuh..
    dan 13hr kemudian dia mati dlm kondisi yg memprihatinkan,,
    sy sedihhhhhh banget, sampe skrg sy terus d bebani perasaan bersalah & penyesalan..
    sy tdk bisa melakukan apa2 utk menyembuhkannya...

    ReplyDelete
  5. artikelnya sangat bermanfaat bagi saya...terima kasih sudah sharing...nice post...:)

    ReplyDelete
  6. Panda Softlens⁠,
    Dari artikel ini kita ketahui bahwa hamster Ambeien adalah suatu penyakit dimana sebagian dubur hamster terlihat keluar dari anus. Masalah ini dapat diatasi oleh seorang vet yang ahli mengobati binatang-binatang kecil. Biasanya vet akan membius di bagian dubur lalu mendorong kedalam bagian dubur yang keluar lalu menjahitnya di sekitar anus untuk mencegah terjadinya Ambeien lagi. Pilihan lain adalah dengan mengangkat bagian dubur yang keluar itu, bila memang bagian dubur itu sudah sangat rusak. ‘Ruta’ dan ‘AEsculus’ dapat menggantikan dubur yang sudah rusak tersebut.

    Dan biasanya, dari referensi2 yang saya selidiki, Ambein pada hamster dikarenakan oleh makanan keras yang sering di konsumsi hamster dan pada saat feces harus keluar dari dubur, feces yang sangat keras dan padat itu mendorong dengan sendirinya, sehingga terjadi kelecetan yang parah dan lama2 dubur hamster menjadi luka dan infeksi.

    Jadi disarankan untuk memberikan makanan basah seperti sayuran dan buah2an yang aman untuk hamster 2 kali seminggu dengan porsi yang sangat sedikit karena makanan basah juga dapat membuat hamster diare, jadi secukupnya saja.

    Untuk pengobatan pada hamster yang terkena Ambeien, bila belum terlalu parah dapat di treatment dengan sering mengelap anus hamster dengan lap/kain yang sudah di celup dan di peras dengan air hangat yang sudah diberi Detol atau Betadine.

    Namun bila sudah terlalu parah dan anus hamster sudah terlihat rusak, memang sangat disayangkan karena hanya Vet saja yang bisa mengobati dan antibiotik buat hamster hanya bisa berdasarkan petunjuk Veterinarian.

    Jadi Panda Softlens⁠, memang sangat sedih bila kehilangan hamster yang kita sayang, apalagi dengan kondisi yang sangat memprihatinkan seperti kasus Panda Softlens⁠. Tapi yang penting Panda Softlens sudah melihara hamster dengan baik kan? Perhatian dan ga di cuekin hamster-nya... Itu saja sudah cukup buat hamster peliharaan kita merasa nyaman, aman, tenteram dan merasa di cintai (maaf agak lebay). Tapi untuk sakit penyakit pada hamster sebisa mungkin memang harus kita waspadai dan obati.

    Semoga penjelasan diatas dapat sedikit membantu. Thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo. Aku mau tanya, Hamster aku ada yg lahir ga sempurna. Jenis hamsternya campbel. Diantara sodara2nya, dia yg paling kecil ga bisa berkembang jadi seukuran teman2nya. Waktu itu pas lagi makan, ada makanan yg nyangkut di pipinya, dan udah sebulan ga lepas2. Saya berusaha ngeluarin tp digigit2 sm dia. Jadi kondisinya skr,pipi kanan kayak orang gondongan. Terus efeknya ke mata. Matanya jadi ga bs melek dan berair terus.
      Pernah ga ya, ada masalah kayak gini sama hamster. Aku bingung. Diapain ya kira2? Huhuhuhu Help :(

      Delete
    2. Permisi saya mau tanya, hamster syrian saya kakinya patah di pahanya,tapi juga bengkak nya gede banget. Itu nyembuhinnya gmn ya selain ke dokter hewan?terimakasiiiih:)

      Delete
    3. halo ka jihan , maaf cuma mau info aja , hamster syrian saja juga wakyu itu patah dan tidak bisa jalan sampai berdara lalu saya biarkan saja , info yg lain harus ke dokter dan operasi tapi saya biarkan saja sampai kakinya membengkak dan lalu sembuh dan bisa berjalan normal

      Delete
  7. Thanks HamsterOnLine,
    Thanks jg udah baca artikel saya.

    ReplyDelete
  8. makasih infonya..

    ini hamster saya abis digigit emaknya dibagian kepala terus matanya bengkak dan keluar nanah. solusinya gimana ya?
    tiap hari sudah saya bersihkan. kasihan lihatnya...
    apakah langsung dikasih tamodine atau bagaimana?
    kira kira harga tamodine berapa ya dan bisa didapat di toko hewan atau tidak?
    terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf sekali baru bisa membalas komen Putri. Sudah 2 bulan baru di balas.

      Untuk pembengkakan perawatannya bisa dibersihkan dahulu nanahnya dengan kain/lap yg sudah di celup dan diperas sedikit dari air yg sudah dicampur antiseptik seperti Detol. Lalu usapkan sedikit dengan Minyak Zaitun.

      Untuk mengolesi dengan cream atau cairan obat luka lebih baik konsultasi dengan Vet terlebih dahulu, karena ditakutkan hamster akan menjilat obat tersebut.

      Untuk harga saya belum dapat informasinya, sepertinya tidak jauh berbeda dengan membeli betadine di Apotik.

      Delete
  9. makasih mas obaja :)
    oh ia, ada 1 kasus lagi.
    hamsterku ada yg terkena tumor, udah hampir 3 bln kena tumor,
    awalnya kecil, lama kelamaan makin gede.
    kalo sy pegang sih tdk keras, tp lembek2 gitu..
    hidupnya sih normal2 aja, tp sy kasian sama dia.
    utk saat ini sy kasih propolis di air minumnya setiap hari (mahal banget hehehehehe).
    yg sy mau tanyakan, apa bisa tumor itu makin gede lagi, kalo tmbah gede kan tdk lucu hehehe pasti dia susah jalannya soalnya tumornya dekat alat kelamin.
    trus bisa tdk ya tumor itu disembuhkan?
    di makassar tdk ada dokter hewan, apalagi dokter hewan khusus hamster

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf sekali baru membalas komen Angel.

      Tumor hamster perawatannya hanya diletakkan di tempat yg jauh dari benda tajam yg bisa membuat tumor pecah. Namun apabila pecah, harus lekas dibersihkan dengan cara di lap dengan kain yg sudah dicelup di air yg sudah dicampur cairan antiseptik seperti Detol,dan diperas sedikit.

      Tumor memang semakin besar, hanya vet yg bisa mengangkat Tumor tersebut namun berhubung hamster adalah binatang mungil sering kali operasi pengangkatan Tumor gagal. Tumor memang penyakit hamster yg tua namun hamster muda bisa terkena tumor juga terhantung pembiakan dari induk hamster.

      jadi rawat saja hamster Angel dengan penuh kasih sayang. Hamster Angel biarpun terkena tumor akan merasa disayang dan bahagia.

      Delete
  10. saya mau nanya, kalo hamster mata lengket ngobatinnya bagaimana + ada makanan yang menunjang biar bisa sembuh atau tidak? makasih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Keke, mata lengket mungkin penyebabnya bedding hamster. Jd sesring mungkin ganti bedding dengan yang fresh. Jika ternyata alergi terhadap debu akibat serutan kayu, bisa diganti dengan pasir Zeloit dan untuk kehangatan hamster di waktu suhu dingin berikan tissue secukupnya sebagai alas tidur hamster.

      Perawatannya bisa dengan mengelap dengan air hangat yg sudah di campur dengan antiseptik seperti Detol. Pagi, Siang dan Malam.

      Berikan seminggu dua kali satu potong kecil wortel.

      Delete
  11. numpang nanya dong, saya punya hamster jenis golden black eyed. belakangan ini golden saya mengeluarkan benda lembek (mirip nasi, tapi lebih lembek) berwarna putih terus berbau seperti melati dari lubang anusnya. terus setiap benda itu muncul, golden saya jadi kurus, susah makan, dan gampang panik. nah, kira-kira itu benda apa ya? apakah itu sebuah penyakit? dan bagaimana cara menyembuhkannya? terimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Angga, sepertinya itu merupakan feces hamster akibat hamster memakan sesuatu.

      Hamster Angga kelaminnya apa? jika betina mungkin juga itu janin yg gagal sehingga membuat hamster menjadi lemah, nafsu makan hilang.

      Saya belum bisa memastikan itu benda apa, jika ada visitor yg mengetahui benda apa yg dimaksud Bro Angga, bisa di share disini. Thanks.

      Delete
  12. saya mau tanya.. hamster saya sekitar 1bulanan yang lalu kan melahirkan 9.. terus minggu lalu satu persatu mati hampir setiap hari ada yang mati karena dimakan saudaranya.. dan sekarang tinggal sisa satu.. kira2 kenapa ya? induknya sudah jauh lebih dulu meninggal waktu umur anak2nya 3mingguan.. apa ada virus atau apa yaa yang buat mereka saling memakan? terimakasih :)

    ReplyDelete
  13. Saya mau tanya, Hamster saya yang jantan alat kelaminnya membesar dan ada bintik bintik merah kecil dan agak menonjol. Kira kira itu penyakit apa ya? Dan bagaimana cara mengobatinya? terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf mas, hamsternya skrg bgm?
      udah sembuh?
      maksud mas yg menonjol itu di bagian mananya?
      hamster sy jantan, baru kemarin (maaf) penisnya keluar.
      memang biasa penisnya keluar, dia jilat, tp masuk sendiri lg (maaf)..
      tp kemarin keluar terus, sy jd takut, seperti daging merah gitu..
      jd sy tekan masuk, masuk memang, tp tadi pagi keluar lg T.T
      itu kenapa ya sy sterss banget ini

      Delete
  14. Salam dokter, hamster saya jenis Winter White. Jantan. Tp beberapa hari setelah 'mating' , area pribadinya jadi bengkak gtu. Dan setengah badan bagian bawah itu basah bahkan sama kaki2nya juga. Saya ga ngerti hamster saya sakit apa dan apakah itu parah dok? Lalu saya harus bagaimana? Terima kasih swbelumnya.

    ReplyDelete
  15. nice info.. :)
    saya mau tanya,hamster saya jenis golden red eye jantan sekitar 2 bulanan umurnya. Kenapa yaa tiap kali hamster saya tidur suaranya seperti orang kena asma sampai hamster saya kebangun-bangun seperti tidak nyaman tidurnya. Kasiaan saya melihat keadaan hamster saya seperti itu. Bagaimana solusinya? terimakasih :))

    ReplyDelete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  19. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  20. Hamsteer saya bernanah bengkak. Gimanaa ya?;'( vet itu apaaa?

    ReplyDelete
  21. saya baru membeli hamster mini campbell, udah satu minggu pada saat membeli tidak ada tanda apa2.. tadi pagi tiba2 saya melihat ada benjolan di atas mata hamster sebelah kiri...
    apakah itu tumor atau hanya benjolan biasa...
    mohon penjelasannya

    ReplyDelete
  22. Saya mau tanya, gmana kt bisa tau kalo hamster itu alergi sm makanannya? Kira2 lebh bagus bedding pasir atau kayu? Trus bedding tisue itu maksudnya alas kandang diganti sm tisue toilet gt? Trims :)

    ReplyDelete
  23. hamster sy jantan, baru kemarin (maaf) penisnya keluar.
    memang biasa penisnya keluar, dia jilat, tp masuk sendiri lg (maaf)..
    tp kemarin keluar terus, sy jd takut, seperti daging merah gitu..
    jd sy tekan masuk, masuk memang, tp tadi pagi keluar lg T.T
    itu kenapa ya sy sterss banget ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya hamster saya juga suka menjilat jilat seperti itu

      Delete
  24. hams saya maseh umur 3 bulan, dah bsa berproduksi?
    biar cepat berproduksi gmna yah?

    ReplyDelete
  25. Saya mau tanya kalo hamster saya ada bengkak dikaki, tapi gak bernanah..
    Kalo dikasih obat urut lain kira2sembuh atau enggak ya? makasih

    ReplyDelete
  26. hay semua, mas obaja terutama mungkin bisa bantu, hamsterku roborovsky, sepertinya dia kena kutu, aku sudah cari ke petshop" terdekat namun dikasihnya seperti bubuk bedak anjing merknya "antick" namun kenapa setelah itu dia makin gatel ya? garuk ga henti, apakah itu proses dr kutunya akan mati atau apa ya mas? kasihan hamsterku karena sering menggaruk matanya jadi berdarah. adakah obat yang kalian tahu untuk kutu hamster yang ampuh??? mohon info :'(

    ReplyDelete
  27. waaaaaaaaaaaaah, lengkap penyakitnya :O
    mmm, mau tanya, kalo masalah kuku kepanjangan dan gigi kepanjangan, itu ada penyedia jasa buat motongin kuku dan gigi hamster nggak ya?

    ReplyDelete
  28. hamster saya zakar nya besar apa itu penyakit?
    hamster saya jenisnya campbell ..
    tolong d replay

    ReplyDelete
  29. Sya mau tanya nih, hamster sya jatuh umurnya baru sekitar 1 bulan lebih! Jalannya agak kurang stabil, apa kemungkinan lumpuh y? Trus sya sdh memisahkannya dengan yg lain tpi apa yg harus sya lakukan lagi supaya hamster sya sembuh?? Apa ada obat khusus yg harus sya berikan?? Tolong d reply...

    ReplyDelete
  30. Waaah . . . Lengkap banget infonya . . . Dok saya mau tanya hamster saya umurnya 1bulan lebih. Saya punya dua jantan hamster Winter White yang satu luka besetan di lehernya dan yang satu nya lagi matanya abu abuan gitu tengah nya karena sering brantem . . . Yang matanya abu abu itu buta atau apa ya dok ??

    Cara obatinya gimana . . .??
    Makasih Dok Mohon Di jawab . . .

    ReplyDelete
  31. Siang
    saya punya 2 anak hamster baru berumur 3 minggu, sejak umur 2 minggu anak2 hamster itu mengalami sakit mata ciri2nya kelopak mata merah semakin hari semakin membesar (jd bengkak) lalu saya beri obat tetes mata yg mana obat tersebut adalah obat tetes mata untuk manusia yaitu cendo lyteers. Saya khawatir karna 3 hari ini sudah saya tetesi obat tp belum ada perubahan.

    Saya harus bagaimana lagi untuk mengobatinya? karna saya takut dan trauma akan kematian anak hamster sebab 2 dari 4 anak hamster tersebut telah mati karna saling bersaing mendapatkan susu dari induknya.

    Mohon sarannya

    ReplyDelete
  32. siang saya punya hamster laki2 umurnya sekitar 5 bulan,dari 2 hari lalu muncul benjoln di kaki kakinya,di hidungnya,kupingnya juga terlihat rusak,testisnya kaya kering gitu,terus di anusnya kaya ada benjolan warna hitam,sekarang dia udah lemes banget ga bisa ngapa2in,kira2 kenapa ya? mohon sarannya,terimakasih

    ReplyDelete
  33. kalo hamster bokongnya merah kenapa ya?..
    makasi :)

    ReplyDelete
  34. Tumpang tanya....Brapa harga untk ubat kurap hamster? Trima kasih :-)

    ReplyDelete
  35. mau tanya dong , saya punya hamster umurnya 1bulan . semalem masih normal2 aja masih main2 tp pagipagi ini aku lihat dia diem lemes aku lihat mata kirinya kaya mau keluar gitu . apa itu kena gloucoma ya ? bisa dikasih obat apa ? apa hrs ke dokter hewan ?. mohon bantuannya ya makasih :)

    ReplyDelete
  36. Malam Hamster Online...
    Mau nanya, kalo di sekitar ekornya hamster jadi gemuk gitu penyakit ya? Dulu pertama beli sekitar ekornya proporsional ukurannya, tapi pas skearang seperti jadi bengkak gitu. Thanks :)

    ReplyDelete
  37. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  38. sya punya anak hamster,ia jatuh dari ketinggian,dan tdk bisa jln karena kakinya patah/bengkak.gimana cara nyembuhinnya ya????????

    tolong di jawab ya pertanyaan sya

    ReplyDelete
  39. Kalo perut hamster seperti luka , dari hari kehari lukanya semakin besar , itu penanganan nya bagaimana ya ?

    ReplyDelete
  40. maf saya mau tanya hamster saya ko ada benjolan di pip debelah kana knp ya?

    ReplyDelete
  41. Malam , mau tanya. Hamster saya jenis syirian betina, semenjak 1 bulan setelah lahiran dan setelah dipisahkan oleh anak nya, dia mogok makan dan hanya bermain joging whell..
    Apa penyebabnya ya ?? Dan apa obatnya ?

    ReplyDelete
  42. kenapa hamster sy di bahagian punggungnya membesar ? penyakit apa ?

    ReplyDelete
  43. terimakasih banyak artikelnya, sangat membantu sekali...

    http://acemaxsshop.com/obat-herbal-migren/

    ReplyDelete
  44. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  45. misi blh tanya.., hamsterku itu kan baru selesai kawin nah si betina nya lemah lesu gitu, itu kenapaya?

    ReplyDelete
  46. Blh tanya..?hamster saya mukanya bengkak sebelah..kenapa blh jadi gitunya..?dan macam mana nk ubatinya?

    ReplyDelete
  47. Saya mau bertanya saya punya anak hamster tapi dia selalu onar ketika berjalan dan selalu terjatuh ketika berjalan sebenarnya apa yang terjadi mohon dijawab saya sangat takut terjadi apa apa dengannya

    ReplyDelete
  48. Halo mau tanya, kaki hamster saya luka dan seperti kawah lalu bagian bawahnya bengkak dan berlendir, itu gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jeslyn, kaki hamster yg luka, bengkak, dan bernanah menunjukan bahwa sudah infeksi. Untuk perawatan di rumah mohon hamster di isolasi terlebih dahulu. Ganti bedding baru setiap hari. Apabila menggunakan serutan kayu mohon diganti dengan pasir Zeloit ukuran 1 yg halus, atau apabila susah mencari pasir Zeloit bisa tanpa beding apabila hamster-nya sudah dewasa dan udah bisa mengenali tempat biasa dia pipis dengan kata lain sudah bisa pipis di toiletnya sendiri. Jadi alas kandang hanya disapu saja untuk mengangkat pup2.

      Kaki hamster yg luka harus tiap hari dibersihkan dengan air hangat yg matang, lebih bagus air dicampur dengan detol. Setelah kaki bersih bisa di oleskan minyak Zaitun (Minyak goreng nabati seperti Bimoli tidak apa2 hanya Zaitun lebih berkhasiat). Ulangi perawatan tersebut setiap hari sampai kaki hamster membaik.

      Delete
  49. MOHON MAAF SEKALI UNTUK KOMEN-KOMEN YANG TIDAK TERJAWAB.

    DARI TAHUN 2012 SAMPAI SEKARANG ADA BANYAK KOMEN YANG TIDAK TERJAWAB. SAYA MOHON MAAF KARENA BLOG JARANG SAYA PANTAU. NAMUN AKAN SAYA USAHAKAN SEKARANG UNTUK MEMBALAS DAN MEMBERI JAWABAN SEMAMPU SAYA UNTUK MENOLONG HAMSTER-HAMSTER ANDA.

    NAMUN TETAP DISARANKAN AGAR LEBIH PRIORITASKAN TERLEBIH DAHULU VET UNTUK KONSULTASI MASALAH HASMTER YANG SERIUS.

    ATAS PERHATIAN DAN KERJASAMANYA SAYA UCAPKAN TERIMA KASIH. ―Obaja Hamster

    ReplyDelete
  50. Saya mau tanya, hamster saya umurnya udah sekitar 2,5 tahunan. alat kelaminnya bengkak sebelah. Terus hamster saya jadi sering tidur gitu. Nah itu kenapa ya? Dan apa yg bisa dilakukan supaya hamsternya sembuh? Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pelihara hamster sampai umur 2,5thn berarti anda benar2 mengurus hamster anda dengan sangat baik karena hamster sudah beranjak tua. Hamster yang sudah beranjak tua memang riskan penyakit namun tetap dapat dirawat dan disembuhkan, dan walaupun memang penyakit tidak sembuh perawatan intensif tetap harus dilakukan.

      Jujur saja untuk alat kelamin bengkak saya belum pernah alami di hamster saya, bisa dipastikan lagi adakah tanda2 urine kemerahan bisa disebabkan makanan keras dan kurang cairan. Tapi yang pasti perawatannya: Bedding tetap bersih dan kalau bisa berikan tissue agar hamster bisa mengatur buat alas tidurnya. Kelaminnya selalu dibersihkan dengan air hangat dan oleskan minyak sayur atau zaitun. Apabila ada luka ataupun tidak tetap dibersihkan dengan cara tadi. Biasaya segala kendala hamster saya dulu saya treatment dengan cara simple tersebut. Kalau hamsternya sudah tau toiletnya itu lebih bagus. Jadi gunakan saja tisu untuk beddingnya dan toiletnya cukup pasir zeolit.

      Delete
    2. Kayak bengkak diatas kaki sebelah kiri gitu.. Ooh oke, terima kasih sarannya. Akan saya coba treatmentnya untuk hamster saya.
      Boleh tau gak bagaimana caranya melatih hamster supaya tau toiletnya sendiri?
      Terima kasih

      Delete
  51. Soree...saya mau tanya. Hamster saya mini campbell Umur 4bulan. Baru melahirkan 2minggu lalu. Tiba2 disekitar mulut kanan atas terlihat menghitam dan ada bau tdk sedap. Kira2 knp ya? toloong infonya :(

    ReplyDelete
  52. Soree...saya mau tanya. Hamster saya mini campbell Umur 4bulan. Baru melahirkan 2minggu lalu. Tiba2 disekitar mulut kanan atas terlihat menghitam dan ada bau tdk sedap. Kira2 knp ya? toloong infonya :(

    ReplyDelete
  53. mas Obaja, terimakasih artikelnya membantu.
    mas, mau tanya, hamster saya kan betina, dibagian sekitar ekor sama kelaminnya kok ada benjolannya. kadang suka dia jilatin gitu, tapi lama2 tambah bengkak,terus dia jadi pasif. gak pernah main lagi. itu kenapa ya mas. mohon penjelasannya, ini kali pertamanya saya melihara hamster.

    ReplyDelete
  54. Trimakasih artikelnya bro, tpi saya mau nanya, hamster saya sepertinya habis tersedak makanannya, dan kerjaannya cuma tidur terus tapi nafasnya berat dan mengeluarkan bunyi seperti sedang bersin... itu gmna nanganinnya yah?
    trus udah di kasih air+madu juga dia malah gak mau minum...di ganti sama air biasa yang udah super segar juga gak mau di minum, udah ganti makanannya sama makanan yang lembut juga cuma di emut doang trus di simpan di pojokan....
    yah intinya gw kasian nih liat hamster gue gak mau gerak dan ngeluarin nafas yang berat.... :(
    mohon bantuannya dong...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sy juga pernah punya pengalaman yg sama...
      umurnya sdh 1,5 th lebih..
      akhirnya meninggal...
      mohon bantuannya donk, spy hamter sy yg lain bs lgs d tangani klo mengalani hal yg sama..

      Delete
    2. Mba Febe maaf saya baru bls. Sebelumnya saya sudah balas via email. Jadi untuk info yang lainnya juga saya copas dari email ya:

      On Tuesday, May 17, 2016 7:17 PM, Nolvic Sekeon wrote:

      Mba Febe,

      Untuk penanganan hamster tersendak atu Choke cara satu2 seperti kita harus hati2 pukul belakang leher hamster sambil dada-nya di teken dikit. Namun cara ini sangat kecil kemungkinannya dpt membantu. Coba pegang hamster dengan lembut trus agak di posisikan membungkuk baru di pukul2 dikit belakangnya sambil dadanya di teken2. Smoga kebantu ya... Opsi terakhir, bisa di bawa ke vet terdekat...

      Sent from my iPhone

      Delete
  55. hamster sy syrian, umurnya sdh 2th lebih, sdh tua pastinya karena sodara2 yg lain sdh meninggal dl-an, yg mau sy tanyakan, hamster sy ini bulunya rontok smua, sampe gundul, bahkan kulitnya jadi sangat kering, lama2 menebal. hamster sy jd sensitif terhadap sentuhan.smua treatment sdh dilakukan. mohon penjelasan terhadap gejala spt ini sebagai pengetahuan para penyayang hamster.

    ReplyDelete
  56. Dear Unknown user,

    Jujur saja saya blm pernah mengalami kasus ini di hamster2 saya sebelumnya, tapi disini saya mau coba membantu memberikan informasi perihal kasus ini.

    Hamster yang sudah berumur memang retan penyakit. Kehilangan banyak bulu sampao mengalami kebotakan bisa karena mengidap penyakit ataupun tidak. Seperti yang kita tau, protein adalah sumber dari nutrisi untuk bulu2 hamster. Apabila hamster semakin tua kebutuhan protein pada hamster juga semakin tinggu. Tubuh akan mengambil nutrisi protein sehingga protein ke buli hamster tidak terpenuhi secara maksimal akhirnya bulu semakin menipis dan botak.

    Coba berikan porsi makan hamster diperbanyan dengan kacang kedelai. Seminggu 2 kali berikan telur rebus secukupnya dan juga keju Cheddar atau biasa kita sebut disini dengan brand Keju Kraft.

    Bedding sesering mungkin di ganti karena ada kemungkin juga diisebabkan oleh alergi bedding yg kotor.

    Apabila memang tidak ada hasil dari segala usaha kita mengembalikan bulu hamster, tetap sayangi hamster Anda dengan terus merawat hamsternya.

    ReplyDelete
  57. Hamster saya dari pertama kali saya beli, sangat galak, dia gendut dan semakin gendut tapi skrng dia tiba" kurus, telinganya sayu gitu gamau di mekarin, knp ya? Thankyouu.

    ReplyDelete
  58. selamat sore. mas obaja sya mau tanya, hamster saya jenis syrian. trus td pg matanya besar sebelah yang satu. apakah itu glaukoma? lalu cara sembuhinnya gmn ya mas? apa ada obatnya? thankyou before :)

    ReplyDelete
  59. min, saya mau tanya klo mata hamster jadi ada warna buletan putihnya itu kenapa ya min? hamster saya lagi beranak min
    mohon informasinya, thanks

    ReplyDelete
  60. broo saya mau nanya.. kalau pantatnya benjol keluar itu tandanya apa yha

    ReplyDelete
  61. Numpang tanya om obaja, kmrn anak saya masukin satu biji kacang rebus yg blm terbuka tanpa sepengatahuan saya, eh paginya saya baru tau kl kacang tersebut nyangkut di kanan dan kiri si hamster, si hamster sepanjang hari dan malam berusaha ngeluarin gak bisa-bisa, kira-kira apa yah solusinya? Bisa gak kl sy pencet?

    ReplyDelete
  62. Aku mau nanya dong, tadi aku check hamster aku kupingnya di daun telinganya kok kayak ada buletan gitu ya. Entah jamur atau luka gitu aku gaktau, kira kira kenapa ya

    ReplyDelete
  63. Aku mau nanya nih. Hamster aku tibatiba ada tanda hitam di atas kepalanya itu pertanda apa ya? Apa solusinya? Tolong yg tau Kasih infonya ya pliis makasih

    ReplyDelete
  64. Saya py hamster winter dan baru setaun dia dibeli. terakhir malem saya masih bisa maen sama dia ga masalah, masih superaktif. Dan subuh pun di masih bisa gigit2 kandang. Tapi pas pagi jam 7 ada benjolan dibawah mulutnya, sama dia ditarik2 terus, dagingnya pun jadi panjang2 gitu. Tadi malem saya lepas dia diatas kasur, dan saya baru ngeh kalo dia garuk2 terus, apa itu gara2 kutu ya? Plis saya sayang banget sama dia. Mau kasih makan tapi bingung gimana cara dia mknnya

    ReplyDelete
  65. Mas, saya mau tanya.. mengapa hamster saya seperti keselek makanan gitu? Pas bernafas juga ada suara nyangkut gitu... jadi apa ya solusinya...

    ReplyDelete
  66. Ka aku mau tanya, jadikan aku baru beli hamster robo tuh, aku coba masukin ke hamster ball, tapi kan berhubung robo penakut dan lincah dia malah lari pas aku keluarin dari kandangnya, nah pas aku mau tangkep malah makin lari, itu posisi aku lagi di balkon lantai 2 dia lari sampai jatuh ke bawah dari balkon, pas jatuh aku lgsg turun buat meriksa, nah bagian hidungnya berdarah dan pas aku masukin ke exercise ball dia diem aja, mungkin masih shock. Aku khawatir karna pas aku cek hidungnya berdarah, aku gatau posisi dia jatuh dalam keadaan kepalanya duluan atau kaki duluan. Sarannya dong ka, kalo abis begitu aku harus apa?

    ReplyDelete
  67. maaf kak,sama mau tanya..hamster saya belakangan ini susah makan..badannya juga lemas..matanya mengeluarkan cairan dan tidak bisa dibuka matanya..itu kenapa ya kak?

    ReplyDelete
  68. Makasih infonya kaak, mau tanya, aku pelihara syrian betina (dulu sepasang tp yg jantan kabur dr kandang). Sekarang syrian betina ku udh gede. Trus dl cm diem terus. Aku pikir kesepian, aku beli syrian jantan, tapi lbh kecil ukurannya krna ga ada yg segede betina aku. Trus mereka akhirnya kawin, tapi belakangan hari ini, aku sering denger si jantan bersuara, aku curiga, aku lihat dia digigit si betina. Sekali dua kali aku biarin karena aku pikir itu bercanda aja. Tapi si jantan skrg jd pendiem bgt, lemes gt trus susah makan, jd skrg aku pisahin kandangnya. Si betina tetap aja aktif kaya biasanya. Tp si jantan yg dl aktif jd pendiem trus ga bertenaga (bahkan kalau aku pegang dia ga gerak2 saking lemesnya) pdhl dl ga gitu :( si jantan kenapa ya kak? Lalu kira2 aku harus gimana ya? Tolong jawab ya kaaak maakasihhh infonyaaa :'))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mba kaya punya saya tapi langsung meninggal si jantan nya.

      Delete
  69. Ka aq butuh info bgt ni.. Aq punya hamster yg bulunya anggora gtu yg lebat.. Itu cowok.. Yg cwek type syrian biasa mreka udah kawin skrg ud ada anaknya 6..nah pas aq beli dulu yg laki bagus ka warna putih bersih.. Nah pas ud kawin kyknya ud 1 bulan.. Di daun telinganya muncul bintik.. Trs makin hari makin banyak.. Dan sampai skrg gak hilang :( trs aq ud coba cari obat di tmpt aq beli hamster tp mreka gak jual.. Ywdh aq diemin.. Cuma telinganya bgtu.. Eh pas yg cwe lahiran kan aq pisahin.. Ud sebulan.. Masa di buah zakar yg cwonya tumbuh bintik jga kyk di kupingnya.. Aq kaget dan aq sedih bgt ka.. Gmn cara sembuhinnya.. Dan dokter hewan kalo di daerah bogor dimana ya.. Pliss bantu aq dong aq kasian bgt liatnya dy jd lebih diem.. Bengong gtu.. Plis bales ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo muncul bintik2 banyak di telinga, trus akhirnya kaki dan zakar (pantat) kena juga, ada kemungkinan krn kutu kudis. Emang menular. Hamsterku aq kasih kasih ivermectin yg oral. Langsung sembuh. Tapi perlu diperhatikan dosisnya. Syukurlah, sekarang sudah sehat, ngga lesu lagi. Ivermectin itu anti parasit, so macam macam parasit bisa terbasmi termasuk cacing.

      Delete
  70. Selamat malam mas....salam kenal
    Saya mau nanya :
    1. klo untuk hamster jenis Black motled (panda) cocoknya di kawinkan dengan jenis apa ya..?

    2. Klo di daerah kemaluan atau pantat hamster itu keluar semacam benjolan itu kenapa ya, apa itu ambeien..? Thx

    ReplyDelete
  71. malam saya punya hamster laki2 ,dari 2 hari lalu muncul benjoln di kaki kakinya,di hidungnya,kupingnya juga terlihat rusak,testisnya kaya kering gitu,terus di anusnya kaya ada benjolan warna hitam,sekarang dia udah lemes banget ga bisa ngapa2in,kira2 kenapa ya? mohon sarannya,terimakasih

    ReplyDelete
  72. Hamster saya dulu punya benjolan di leher, saya olesi salep hydro cortison, 5 hari langsung kempes, sekarang ada benjolan di samping perutnya, gede, saya olesin hydro cortison juga, semoga bisa kempes.

    ReplyDelete
  73. Hamster suka sekali jagung manis, biji sawi ( bisa dibeli di pejual makanan burung), pur, kecambah, wortel, tomat.
    Kasihilah hamstermu seperti kamu mengasihi dirimu sendiri

    ReplyDelete
  74. Hamster2 saya selalu mati tua, karena saya majikan yg baik hati dan tidak sombong

    ReplyDelete
  75. Saya mau tanya donk, hamster betina saya d kemaluan nya keluar kaya nanah gitu, itu kenapa ya

    ReplyDelete
  76. Hamster yg kencing nanah berarti infeksi, diberi antibiotik, tanya saja di apotik,beli yg kapsul, digerus1/4 kapsul, diencerin dgn air, diminumkan ke hamster pakai sendok

    ReplyDelete
  77. Antibiotik harus diberikan 3× sehari, 3 hari berturut2 supaya efektif

    ReplyDelete
  78. Kak saya mau tanya kemarin kan saya baru beli hamster durian long hair terus dimainin sama saudara saya setelah itu dia jatuh dari ketinggian saya kira tidak apa apa keesokan harinya saya melihat dia berjalan dengan kedua kaki belakangnya diseret dan bagian bawah tubuh nya basah terus dan mengeluarkan bau tak sedap mata kirinya juga kayanya lengket tolong dibantu kak untuk perawatan dan pengobatannya seperti apa tolong dibalas ya terima kasih.......

    ReplyDelete
  79. Aku paling tdk suka dgn orang yg tdk bertanggung jawab dgn binatang peliharaannya

    ReplyDelete
  80. My bobo, a syrian hamster died at 3 am this morning, he was nearly 3 years old.Before his dead, he was paralysed and i fed him with crushed corn kernels, one by one with my hand.
    He survived for 3 days, before he finally surrendered.I burried him at my front yard, in a little box i made of a toothpaste carton.So long my dearest friend, you are my best friend, i'll keep you in my mind forever.

    ReplyDelete
  81. Minta tolong dong kak solusi untuk wet tail.sudah tk ksh obat msh j sakit skr malah nular ktemen2ny.gmna ya kak solusinya?

    ReplyDelete
  82. Mau tanya dong,
    Hamster saya betina ngelahirin 8 anak mati 4, awalnya tuh betina abis ngelahirin normal2 aja setelah sehari setelahnya ko lemes bgt ya di pegang aja ga gerak, nafasnya terengah2 , dan yg saya bingung ngurus anak2 nya gmna batu umur 1 hari ... Trims

    ReplyDelete
  83. Halo saya mau tanya, ada benjolan merah di atas hidung hamster saya.. Itu kenapa? Pertama, mata dia sperti bengkak dan belekan, saya googling, bisa diatasi dengan lap mata nya pake kain bersih dan air hangat..dan berhasil..tapi stelah itu, muncul benjolan.. Prtama biasa aja jadi pikir cuma karna berantem atau gatal.. Tapi lama2 makin besar sperti benjolan merah.. Saya berpikir dia tumor.. Lalu selain harus ke vet, apa yg harus saya lakukan? Tolong dijawab secepatnya ya.. Trims...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Min adek saya kan kmren2 flu.dia bandel mainin2 hams. Si a. Tapi udh 3 hr kmudian hams si b yg gk dipegang adek saya malah badannya gemetar agak lesu menunduk gt. Kayak kena flu. Apa itu hams ketularan dr adek saya yg di bawa dr hams si a? Si a gk kena flu tp si b kena.. makan masih mau,minumnya kurang,gak mau main kincir.. bedding nya udh saya bersiin & angetin.. kasih saran min makanan/minumab biar dia fit lagi.. kalo dikasih madu di air minumnya apa harus madu aseli atau yg kemasan?

      Delete
  84. halo kak saya mau nanya, hammie saya si a awalnya aktif banget tiba tiba lemas dan matanya tertutup saya coba pake cottonbud+ air biar kebuka tpi pas udh kebuka malah ketutup lagi. terus hammie saya yang a mati 2 hari setelah itu, terus hammie saya yg b tbtb lemas juga sama seperti hammie saya yang a dia lemas jalan aja gakuat terus akhirnya mati hari ini;( dan mengeluarkan cairan putih gitu di alat kelaminnya. dan pas hammie saya mati tiba2 hammie saya yg c sama juga gejalanya kira kira kenapa ya kak tolong kalau ada yg tau kasitau saya cara penanganannya harus gimanaa.. makasihh sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Sarah,

      Sepertinya kandang mesti di cuci bersih pake sabun karena apabila hamster mati berturut-turut karena bisa dipastikan sudah ada virus di dalam kandang. Jadi pisahkan hamster terlebih dahulu. Buang semua bedding, cuci bersih semua mainan2nya seperti rumah2an-nya, wheel, food bowl, tempat minum dan kandangnya. Kalo ada waktu di jemur di matahari terik sampe kering ato di lap dengan kain yang bersih. Jangan kasih makanan yang berair seperti buah dan sayur cukup pelet kering atau makanan hamster kemasan untuk menjaga kandang tetap bersih dan kering tidak lembab. Usahakan bedding sering diganti.

      Untuk saat ini cuman kebersihan aja yang dijaga dan diutamakan. Untuk hanster yang sakit bisa dipisahkan dan jangan di gabung. Untuk pengobatan hamster yang sakit mohon maaf sekali sepertinya memang sudah terjangkit virus hanya vet saja yang bisa memberikan suntikan namun karena vet di Indonesia jarang sekali yang fokus untuk binatang kecil jadi tolong dirawat saja dengan dijaga kebersihan kandang dan pisahkan hamster yang sakit.

      Delete
  85. mas obaja, aku baru aja beli hamster argente yg masih hitungan hari, dan tiba" tangannya lincang dan berdarah jalannya sempoyongan dan skrng mata kiri nya jd basah ,bulu nya acak" an krng nafsu makan dan keesokan hari nya kencing nya jadi berwarna sangat kuning. solusinya gmn ya mas? sblmnya sy blm pernah ngalamin kya gni :'(((((((. oiya hamster ku yg sakit ini, sblmnya ak gabungin sama Hamster syrian

    ReplyDelete
  86. Mau tanya, klo anak hamster umur 2 minggu tp sblah matanya ga bisa melek malah kyk benjol kecil tp merah. Gmna cara ngobatinnya?
    Sama mau tnya, knpa hamster jantan sya pas lg tdur kluar cairan bening menggumpal dssul darah dr alat klaminnya ya? Tp dia memakannya.

    ReplyDelete
  87. Tumpang tanye . Kalau telur hamster jantan besar sebab ape ye ? Besar sangat . Nak berak pun payah , taik suke tersekat dekat bontot dye . Setiap mase kene korek . Sape sape tahu sebab ape ?

    ReplyDelete
  88. Mau tanya. Saya pernah punya hamster jantan, kelaminnya keluar dan ngga mau masuk seharian, terus malemnya mati. Penyebabnya apa ya?
    Kebetulan hamster yg lain juga nunjukin gejala yg sama. Sayang kalo mati

    ReplyDelete
  89. saya mau tanya, saya punya anakkan hamster 5 waktu itu yang 1 bagian deket sebelah bibirnya kayak botak dan kulitnya kering kuning, saya kasih minyak zaitun lalu mendingan . sekarang kasusnya terulang lagi pada beberapa anak yang lain. apa itu termasuk jamur? saya bingungg harus bagaimana. tolong resp yaa ...

    ReplyDelete
  90. Saya mau tanya, aya punya hamster 3 tpi yg satu beda jenis ukurannya lebih kecil trus sering berkelahi sma yg lainnya dan lama kelamaan di deket hidungnya ada benjolan gitu makin hari mkin besar dan bernanah, sya coba mau lap itu nanah tapi hamsternya gmau d pegang malah gigit trus, gimana ya solusinya moho bantuannya, trimakasih

    ReplyDelete
  91. Permisi.. sy mau tanya, hamster sy yg jantan kayak ada bintik2 hitam di "bola"nya... itu knp ya?

    ReplyDelete
  92. Permisi Kak. Saya punya hamster cowo, dibagian bawah perutnya, atau tepatnya di daerah lubang bau milik hamster cowo. Itu ada kayak hitam-hitam yang mengelilingi lubang baunya. Itu kenapa ya kak? Lalu gimana ya kak cara sembuhinnya? Trims sebelumnya ya kak

    ReplyDelete
  93. Halo Kak,izin bertanya. Kalau misalnya feses hamster berwarna jingga kemerah-merahan itu kenapa ya Kak? Apakah normal?

    ReplyDelete
  94. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  95. Terimakasi atas infonya kak... Sangat bermanfaat...
    Sebelumnya mau izin tanya, tadi malam hamster betina saya sehat seperti biasanya. Namun pagi ini tiba tiba ada darah keluar dari antara anus/kelaminnya. Bentuknya bercak bercak tapi banyak, tersebar di kandang. Ada yang menggumpal juga darahnya :(. Saya sudah pisahkan dia dgn jantannya, dan saya ganti makanannya menjadi sayur"an yang lembut. Tadi malam pertama kalinya hamster saya diletakkan di ruangan ber AC dg suhu 25°C. Apakah itu ngaruh kak? Kira" itu kenapa ya kak, apa penyebabnya dan bagaimana penanganannya :(.
    Ohiya, saya liat di artikel lain kalau hamster bisa pendarahan :( apakah itu yg sedang terjadi kepada hamster betina saya?
    Terimakasih kak... Mohon jawabannya...

    ReplyDelete
  96. Hai saya May saya mau tanya hamster saya ada gejala pink eye saya sudah obatkan hamster saya tapi dia punya penyakit benjolan di pantata bisa Tolong gak?

    ReplyDelete
  97. PROMO SPESIAL NATAL & TAHUN BARU BOLAVITA

    FREECHIP RP 50.000,- UNTUK 100 USER ID KLAIM PERTAMA ! Cek Link » https://bit.ly/33lU0cf

    Berlaku Untuk permainan Casino Live Seperti Baccarat, Samkwan / Dadu, Dragon Tiger, Blackjack, Roulettet Dan Slot Online.

    Konfirmasi Bisa Langsung Hubungi WA Angel Selaku Cs Bertugas ya bos. :)
    » Nomor WhatsApp : 0812-2222-995

    ReplyDelete
  98. Permisi bang, saya mau tanya
    Hamster saya (maaf) penisnya keluar terus dibagian ujung penisnya kayak ada dua cabang putih, itu kenapa ya?
    Terimakasih

    ReplyDelete
  99. Make money from sports betting - Work 4
    The septcasino biggest risk is a deposit – งานออนไลน์ just like with credit card, or other checks, to make money from 메리트카지노 betting. They might need to pay at least

    ReplyDelete