Hamster adalah binatang kecil lucu berekor pendek yang menyerupai tupai dengan kantong pipi yang dapat memuat makanan. Dengan tingkah lakunya yang lucu membuat hamster menjadi binatang peliharaan yang menghibur. Obaja Nolvic H. Sekeon
Hamster, a short-tailed, burrowing rodent, Cricetus frumentarius or cricetus, with large cheek pouches, inhabiting parts of Europe and Asia, any of various other rodents of the same genus and allied genera. The Lexicon Webster Dictionary

Monday, July 4, 2011

HAMSTER MEMAKAN BAYI-BAYINYA


Hamster dijuluki oleh beberapa orang ‘Hewan Kanibal’, karena hamster suka memakan bayi-bayinya. Tapi saya kurang setuju dengan julukan itu karena memang hamster kadang memakan bayi-bayinya namun hamster mempunyai alasan mengapa mereka memakan bayinya.

Seperti yang Anda ketahui bahwa bayi-bayi hamster itu sangat kecil dan rentan dan induk hamster juga mengetahui keadaan bayi-bayinya yang sangat mungil dan membutuhkan perlindungan ekstra. Induk hamster ini menyadari bahwa dunia ini sangat membahayakan untuk bayi-bayinya. Begitu banyak ancaman yang membahayakan dan bahkan dapat membunuh bayi-bayinya. Jadi apabila induk hamster merasa terancam atau bayi-bayinya tidak aman, induk hamster itu mulai tertekan. Jadi pada saat induk hamster merasa ia tidak dapat melakukan banyak untuk melindungi bayi-bayinya, induk hamster itu terpaksa harus memakan bayi-bayinya supaya bayi-bayinya tidak merasakan kekejaman dari para predator atau bahkan sesama hamster yang menemukan bayi-bayinya sebagai makanan. Jadi sangat penting untuk diingat ketika hamster Anda melahirkan, Anda harus menjaga induk hamster senyaman dan merasa aman dengan tidak mengganggunya dalam merawat bayi-bayinya, jika tidak induk hamster akan merasa terganggu dan terancam (menurut pikirannya) sehingga ia memakan bayi-bayinya.

Dan selanjutnya insting induk hamster itu sangat kuat. Induk hamster dapat merasakan apabila salah satu bayinya lemah dan sakit. Sehingga induk hamster mengetahui bahwa bayinya tidak mungkin bertahan jadi induk bayi itu lebih baik memakannya untuk menambahkan nutrisi ditubuhnya guna untuk menyusui bayi-bayinya yang lain.

Jadi itulah dua alasan utama mengapa induk hamster kadang memakan bayi-bayinya. Karena mengetahui mereka tidak bisa membalas menyerang untuk melindungi bayi-bayinya seperti layaknya anjing dan kucing yang akan menyerang dan menggigit siapapun yang mengganggu bayi-bayinya, induk hamster lebih memilih memakan bayi-bayinya karena itu merupakan satu-satunya cara yang mereka bisa lakukan (atau tahu) untuk melindungi bayi-bayinya. Selebihnya induk hamster itu adalah induk yang sangat melindungi dan menyayangi bayi-bayinya. Obaja

4 comments:

  1. mas yang terhormat
    saya udah hampir 1 tahun melihara hamster, sebelumnya kejadian kaya gini ga pernah saya alamin. induk betina awal yang saya beli udah melahirkan, bahkan anak-anaknya udah berhasil punya anak lagi. kali ini dia ngelahirin lagi dari 6 anaknya sisa 5, saya udah biasa ngeliat dia makan anaknya waktu belum tumbuh bulu, jadi saya gak terlalu sedih karena saya ngerasa mungkin saya yang salah waktu ngerawat awalnya

    tapi hari ini tragedi banget mas, anak yang tadinya ada 5 dan udah berbulu cantik warnanya abu-abu tapi menuju coklat, dan motifnya kaya panda alias gak satu warna tapi belang totol totol tiba tiba tinggal 4 kondisi yang 2 lain mengenaskan, yang satu kepalanya sisa setengah, yang satu bagian hidungnya berdarah.. dan ada sisa remukan kepala mungkin yang sebelumnya. anak-anaknya udah mulai bisa makan sendiri mas mereka jadi kaya kanibal.
    saya tinggal mereka sebentar setelah saya bersihin dari bangkai sebelumnya, tapi pas saya balik ke kamar saya anaknya lagi digigit dan kondisinya udah nafasnya sedikit. saya ga bisa apa apa saya pisah induknya dari anak-anaknya

    yang saya mau tanya apa alesan hamster itu makan anaknya yang udah tumbuh bulu kaya gitu, udah usia 3 mingguan lebih, saya naruh kandangnya di kardus yang saya ga bakalan bisa ngintip pas laginyusuin tapi tragedinya malah lebih parah dari biasai!

    bisa kasih tau kenapa? saya berduka banget soalnya.

    ReplyDelete
  2. Hallo Mba sophiasyif,
    Maaf baru bisa balas comment-nya. Ceritanya mengenaskan ya...

    Tapi sebelumnya saya mau menanyakan dulu, apakah anak2 hamsternya sudah pernah di pegang2 karena itu bisa menjadi pemicu induk memakan anak2nya. Karena setiap induk mempunyai karakter yg berbeda2 dalam hal membesarkan bayi2nya.

    ReplyDelete
  3. gini gan saya udah pux hamster lawan jenis siap kawin tpi kok gk pernah bisa dapet anak .. kan udah 3 bulanan giamana caranya agar hamster saya bisa punya anak .. yh mohon di beritahu yh ..

    ReplyDelete