Hamster adalah binatang kecil lucu berekor pendek yang menyerupai tupai dengan kantong pipi yang dapat memuat makanan. Dengan tingkah lakunya yang lucu membuat hamster menjadi binatang peliharaan yang menghibur. Obaja Nolvic H. Sekeon
Hamster, a short-tailed, burrowing rodent, Cricetus frumentarius or cricetus, with large cheek pouches, inhabiting parts of Europe and Asia, any of various other rodents of the same genus and allied genera. The Lexicon Webster Dictionary

Wednesday, May 11, 2011

PERAWATAN HAMSTER

Disini saya ingin menuliskan ringkasan-ringkasan bagaimana memelihara hamster dengan baik dan benar berdasarkan pengalaman saya pribadi serta hasil pantauan referensi-referensi seputar hamster, supaya dapat menjadi bahan pertimbangan dan pengetahuan bagi para calon pemilik hamster yang sudah berencana untuk mengadopsi hamster favoritnya nanti di petshop atau tempat-tempat penjualan hamster dimanapun.

I. PERSIAPAN
Ada baiknya Anda mempersiapkan terlebih dahulu segala perlengkapan untuk memelihara hamster. Saran saya, sebelum Anda membawa pulang hamster ke rumah Anda, segala kelengkapan untuk hamster telah tersedia. Berikut beberapa perlengkapan yang mutlak untuk memelihara seekor atau beberapa hamster.

1. Kandang
Hamster tidak bisa dipelihara dengan membiarkannya berkeliaran di rumah Anda seperti layaknya memelihara anjing dan kucing. Anda membutuhkan tempat untuk meletakkan hamster Anda. Jadi dibutuhkan kandang untuk memelihara hamster. Kandang untuk hamster banyak ditemukan di petshop-petshop. Jadi saran saya, berkunjunglah dahulu ke petshop-petshop terdekat di kota Anda untuk melihat kandang hamster apa yang sesuai dengan selera dan budget Anda. Banyak variasi kandang hamster dari yang harganya Rp.50.000 sampai seharga Rp.300.000 bahkan lebih. Adapun macam-macam kandang untuk hamster antara lain:

A. Kandang Jeruji

Kandang jeruji sangat cocok untuk hamster jenis Sirian, walaupun hamster mini juga dapat menggunakan kandang jenis ini. Namun yang harus diperhatikan bila hendak menggunakan kandang jeruji untuk hamster mini, jarak jeruji harus tidak lebih lebar dari kepala hamster terutama hamster jenis Roborovski. Karena Hamster jenis Roborovski mempunyai postur badan yang sangat kecil, jadi apabila kepala hamster bisa keluar melewati jeruji, kemungkinan besar seluruh badan akan dapat keluar karena hamster dapat memipihkan badannya yang elastis. Jadi carilah kandang hamster yang khusus untuk hamster mini bila ingin memilih kandang jeruji. Hamster Sirian sangat cocok dengan kandang jeruji karena postur badannya yang besar dan kandang jeruji mempunyai kelebihan akan sirkulasi udaranya.

B. Kandang Aquarium

Kandang aqurium sangat cocok untuk hamster jenis dwarf atau mini seperti Campbel, Winter White, Hibrid dan Roborovski. Keuntungannya, bedding hamster tidak dapat berserakan keluar apabila menggunakan bedding serutan kayu, dan tidak mungkin juga hamster-hamster itu akan melarikan diri karena tidak ada celah sedikitpun. Namun harus di ingat jika hendak menggunakan kandang aquarium, kandang aquarium harus menggunakan penutupnya, bisa berupa kawat yang bisa ditekuk samping-sampingnya supaya tidak bergeser dan untuk memperkuatnya bisa di tambah dengan pengikat, ingat karena hamster adalah binatang mangsa para predator seperti kucing bahkan juga mangsa para tikus liar, jadi keamanan adalah nomor satu untuk setiap kandang hamster terutama kandang aquarium. Namun apabila penutupnya berupa besi yang sudah di design untuk penutup aquarium, itu lebih baik. Saya sangat tidak menyarankan menggunakan aquarium dengan penutup plastiknya yang sering dijual di petshop sekarang ini, karena pertama hamster adalah binatang yang bisa menggerogoti apa saja, dan lagi penutup plastik yang walaupun ada lubang-lubang udaranya, penutup plastik itu membatasi aliran udara yang masuk sehingga membuat aquarium menjadi pengap. Aliran udara yang baik sangat dibutuhkan untuk hamster, jika tidak berbagai kuman dan bakteri yang disebabkan oleh air seni dan kotorannya dapat berkembang dengan cepat sehingga dapat menimbulkan berbagai macam penyakit.

C. Kandang Homemade

Kandang homemade adalah kandang bikinan sendiri. Orang-orang yang memelihara hamster sekarang ini banyak yang kreatif dengan membuat kandang hamster yang menarik, tapi ada juga kandang homemade yang sangat sederhana dengan hanya menggunakan plastik kontainer yang besar. Tapi memang kebanyakan kandang homemade yang mudah dijadikan untuk dijadikan kandang hamster adalah dari plastik kontainer berukuran besar. Jadi tinggal meletakkan bedding, rumah-rumahan (nesting), dan jogging wheel, serta bermacam-macam assesoris lainnya. Tapi jangan lupa untuk meletakkan penutupnya juga untuk keamanan hamster. Penutup kandang yang baik untuk kandang kontainer plastik adalah dengan menggunakan kawat yang bisa ditekuk samping-sampingnya seperti penutup kandang aquarium yang sudah saya jelaskan di poin B atas, supaya sirkulasi udara bisa berjalan dengan baik karena kandang homemade ini keadaan suhu di dalamnya tidak sebaik kandang aquarium, plastik kontainer dapat menyebabkan suhu udara yang panas. Kandang homemade yang terbuat dari kardus seperti kardus sepatu bukan kandang homemade yang layak untuk dipikirkan, itu merupakan kesemena-menaan pemilik hamster yang tidak memikirkan keamanan dan kenyamanan hamster.

D. Kandang Habitrail

Sekarang ini merk kandang yang mahal dengan berbagai macam bentuk yang unik dan menarik adalah kandang hamster yang bermerk Habitrail. Kandang merk Habitrail biasanya dijual di petshop-petshop terkemuka atau Anda bisa membelinya dengan cara online.

Jadi itulah kandang-kandang yang biasa digunakan untuk memelihara hamster. Ukuran kandang untuk hamster adalah semakin besar kandang semakin baik. Anda bisa merasakan sendiri apakah kandang itu sempit atau tidak berdasarkan jumlah hamster yang anda pelihara. Idealnya untuk ukuran kandang hamster adalah 24 inches panjangnya dan 12 inches lebarnya atau 25 cm x 30 cm. Ukuran itu paling cocok diterapkan pada kandang aquarium.

2. Assesoris
Assesoris adalah pelengkap dari kandang hamster. Pelengkap ini dibutuhkan untuk menambah kenyamanan hamster selama di dalam kandang. Dan berikut adalah salah satu assesoris dasar yang harus ada di dalam setiap kandang hamster:

A. Nesting atau Shelter

Nesting atau shelter ini dapat berupa rumah-rumahan atau batang pohon yang dari plastik dengan lubang untuk hamster dapat masuk dan bersarang. Ada berbagai macam nesting yang dijual di petshop dengan harga bervariasi. Nesting yang dari plastik cenderung murah dibandingkan dengan yang keramik, yang plastik berkisar Rp. 15.000 dan yang keramik bisa mencapai Rp. 30.000 atau lebih. Bentuknya juga bermacam-macam seperti rumah mungil dengan cerobong asap, pesawat alien, kepala hamster yang besar dengan lubang ditengahnya, dan lain-lain. Nesting ini sangat perlu karena hamster mempunyai waktu-waktu privasinya sendiri seperti tidur seharian penuh walau kadang-kadang bangun untuk makan, minum dan ke toilet. Jadi saran saya pilihlah nesting yang tertutup rapat dan hanya ada satu lubang untuk keluar masuk hamster, sehingga apabila hamster Anda bersarang di dalamnya, dia dapat merasakan privasi yang bebas dari pandangan orang-orang. Nesting ini penting untuk hamster bila dia sedang merasa takut dengan bersembunyi seharian penuh. Pengalaman saya, sewaktu hamster saya masih berumur 1 bulan, dia dikagetkan oleh datangnya anjing saya yang tiba-tiba di dekat kandangnya. Hamster saya langsung bersembunyi dan tidak mau keluar dari nestingnya. Dia makan di dalam nestingnya karena sifat hamster di alam liar adalah mencari makanan di luar dengan meletakkannya di dalam kantong pipi mereka dan membawanya masuk kedalam sarangnya, dan hamster akan memakan makanannya dengan nikmat dan aman di dalam sarangnya, jadi sifat ini terus dilakukan hamster meski sudah di dalam penangkaran. Nesting juga penting bila hamster Anda sedang tidak mau diganggu oleh orang-orang yang datang untuk melihat di sekitar kandangnya. Bila hamster sakit juga dia akan bersembunyi di dalam nestingnya. Jadi meletakkan nesting di dalam kandang itu sangat perlu dan dianjurkan.

B. Jogging Wheel dan Hamster Ball

Jogging wheel atau roda putar sangat penting untuk hamster. Hamster sangat senang berlari-larian, seperti yang saya katakan sebelumnya, kita tidak bisa membiarkan hamster berlari-larian di rumah kita dan berharap akan kembali ke kandangnya apabila dia sudah letih. Jadi dengan adanya jogging wheel, hamster Anda dapat berlarian dengan gembira, serta dapat melepasakan kejenuhan. Untuk Hamster Sirian, jogging wheel yang cocok adalah yang berukuran jumbo, untuk menghindari cedera pada tulang punggung. Dan untuk Hamster Mini berikan jogging wheel yang tanpa ada celah atau rongga untuk menghindari cedera pada kaki, karena hamster mini sangat aktif terutama Hamster Roborovski. Saya sangat tidak menyarankan jogging wheel handmade yang terbuat dari kawat kotak-kotak kecil karena kaki hamster dapat terselip atau nyangkut dan sangat sulit untuk dilepas. Jogging wheel juga sangat penting untuk kesehatan hamster. Dengan sering berlari-lari kesehatan hamster bisa terjaga, terutama masalah obesitas, dengan sering berlarian di jogging wheel hamster tidak akan terserang obesitas yang ujungnya berdampak pada jantung yang sehat. Namun jika Anda senang melihat hamster Anda berlari keliaran di dalam rumah, Anda dapat menggunakan Hamster Ball atau Bola Hamster yang dapat dibeli di petshop. Caranya masukan hamster di dalam Hamster Ball, tutup rapat dan letakkan di lantai. Hamster Anda akan menjelajahi rumah Anda dengan aman. Bola Hamster itu disertai dengan lubang-lubang udara jadi jangan kuatir hamster Anda akan kehabisan udara. Namun satu hal yang perlu diingat, jangan sampai Bola Hamster yang ada hamster Anda di dalamnya jatuh dari ketinggian seperti jatuh dari anak tangga, meja, dan sebagainya karena dari banyak kasus hamster akan cidera.

C. Botol Minum Hamster dan Mangkuk Makanan

Botol minum hamster yang ujungnya dapat dijilat untuk mendapatkan air merupakan peralatan yang harus ada di setiap kandang hamster. Hamster walaupun berasal dari padang gurun yang kering, hamster sangat membutuhkan air, apalagi makanan hamster yang berupa biji-bijian dan pellet cepat menyebabkan haus. Mangkuk untuk tempat air minum hamster sangat tidak di perbolehkan, karena hamster suka sekali berlari-larian di dalam kandang dan dapat mengotori bahkan menumpahkan air sehingga kandang menjadi basah. Food Bowl atau mangkuk untuk makanan hamster juga penting untuk meletakkan makanan hamster supaya tidak berserakan di dalam kandang, yang walaupun nantinya makanannya itu akan dibawa oleh hamster masuk ke dalam nesting-nya.

D. Potongan Kayu dan Mineral Stone

Potongan kayu dan Mineral Stone sangat berguna untuk mengasah gigi hamster yang terus bertumbuh. Hamster akan megasah giginya sendiri supaya tidak terlalu panjang karena apabila gigi hamster terus tumbuh maka hamster akan kesulitan untuk makan, bila sulit untuk makan maka hamster akan kelaparan dan yang akhirnya mengakibatkan kematian. Banyak artikel yang menganjurkan untuk memberikan Batu Mineral yang dijual di petshop untuk mengasah gigi hamster, namun dari pengalaman pribadi, hamster saya tidak pernah menggigit Batu Mineral itu. Hamster saya lebih tertarik mengasah giginya dengan menggigiti jeruji kandangnya dan kayu yang diletakkan di dalam kandang. Jadi jika Anda ingin meletakkan kayu di dalam kandang untuk pengasahan gigi hamster, pilihlah kayu yang bersih dan bebas dari pestida dan zat kimia lainnya. Anda dapat memotong langsung dari pohon yang diyakini bebas dari zat kimia atau Anda dapat membelinya di petshop, namun hindari kayu yang berasal dari pohon cemara atau yang terkenal dengan sebutan kayu pinus, karena jenis kayu itu sangat berbahaya untuk hamster.

E. Toilet Hamster

Banyak toilet hamster dijual di petshop dengan beragam bentuk tapi apakah toilet hamster berfungsi? Banyak orang menanyakan demikian, dan jawab saya adalah toilet hamster itu sangat berfungsi dan sangat dianjurkan untuk setiap kandang hamster. Hamster senang wilayah yang kering dan tidak lembab, jadi hamster secara alami akan pergi kesuatu tempat jauh dari nesting-nya untuk membuang urine-nya, sehingga nesting atau wilayah tempat tidurnya selalu kering. Pengalaman saya secara pribadi dengan memelihara satu hamster Sirian dengan meletakkan kandang di dalam kamar sangat merasakan manfaat dari toilet hamster ini. Usahakan kontainer untuk toilet tingginya melebihi badan hamster yang sedang menunduk untuk mencegah pasir terbuang keluar dari tempatnya saat hamster itu menggali. Dan banyaknya pasir setebal 2 cm. Saya meletakkan 2 toilet di dalam kandang, karena hamster saya kencing di kedua pojokan tersebut. Pertama saya hanya meletakan satu kontainer plastik di dalam kandangnya dengan pasir zeloit no.2 yang saya kehendaki menjadi tempat mandi pasir hamster saya. Karena hamster mandi bukan dengan air melainkan dengan pasir. Namun penggunaannya sekarang menjadi toilet dan tempat mandi sekaligus. Hamster saya senang berguling-guling, bermain pasir dengan menggali-gali di dalam kontainer yang berisi pasir zeloit itu, namun dia juga membuang urine-nya di kontainer itu juga. Jadi sekarang kegunaannya menjadi toilet dan tempat mandi hamster. Namun setelah saya perhatikan, hamster saya juga mempunyai pojokan favorit lainnya untuk membuang urine. Jadi pojokan itu saya letakan satu toilet lagi yang ukurannya agak kecil dari kontainer plastik yang pertama dengan pasir zeloit no.2 juga di dalamnya. Sewaktu hamster saya masih kecil, dia kadang-kadang kencing di dalam nestingnya, namun setelah beranjak dewasa, hamster saya tidak pernah membuang urine-nya di dalam nesting. Jadi nestingnya selalu kering. Biarpun hamster saya lagi tidur dan merasa ingin kencing, dia selalu pergi ke toiletnya, setelah itu kembali lagi ke dalam nesting dan kembali tidur. Jadi perhatikanlah pojokan yang sering digunakan hamster Anda untuk membuang urine lalu letakkan toilet-nya, hamster anda akan menggunakan toilet itu terus. Jadi memudahkan Anda untuk tidak sering-sering mengganti bedding kandang hamster, Anda tinggal mencuci toilet-nya dan mengganti pasir-nya dengan yang baru setiap hari. Untuk penghematan pasirnya walaupun pasir Zeloit murah Rp.4000/kg, pasir dapat dicuci dan dikeringkan sehingga bisa dipakai berulang-ulang. Toilet ini hanya berfungsi untuk melepas urine saja. Karena hamster membuang kotorannya (feces) dimana saja, itu dikarenakan pencernaan hamster yang tidak sama dengan anjing dan kucing. Dipojokan favorit tempat hamster grooming, hamster sering membuang kotoran feces-nya dan juga didalam nesting. Bila hamster grooming di toiletnya, juga disana kotorannya pasti ada. Tapi jangan kuatir dengan kotoran hamster, feces hamster dapat diangkat dengan menggunakan pinset, karena kotoran hamster yang sehat itu kering dan padat.

F. Bedding
Hamster suka dengan tempat kering dan bedding adalah alas yang diletakkan di dasar kandang untuk menyerap urine hamster bila kandang tidak menggunakan sistem toilet sehingga kandang tidak basah dan lembab. Bedding tidak hanya berguna untuk menyerap urin hamster, namun digunakan juga untuk alas tidur hamster. Banyak macam bedding yang digunakan oleh para pemilik hamster, salah satunya adalah:

1. Serutan Kayu

Serutan kayu sangat berguna untuk bedding kandang hamster, selain untuk penyerap urine, serutan kayu bisa dijadikan alas tidur yang hangat untuk hamster. Walaupun ada beberapa orang yang tidak ingin menggunakan serutan kayu sebagai bedding kandang hamsternya dengan alasan terlalu berdebu sehingga menyebabkan mata hamster berair atau alergi, namun serutan kayu merupakan bedding yang praktis sebagai alas kandang hamster. Jadi pilihlah serutan kayu yang aman seperti yang dijual di banyak petshop. Serutan kayu lokal hanya sekitar Rp.4000 per bungkusan besar. Serutan kayu import dengan disertai merk bisa mencapai Rp.15.000. Namun harus diwaspadai bila hendak memilih bedding ini. Jangan memilih serutan kayu yang berasal dari kayu pinus. Kayu pinus beracun untuk bintang-binatang kecil seperti hamster, karena kayu pinus mempunyai kandungan dan aroma disinfektan yang tidak baik untuk pernafasan hamster. Serutan kayu import kebanyakan berasal dari kayu pinus, jadi bacalah dahulu deskripsi di plastik pembungkusnya sebelum membeli serutan kayu import yang bermerk. Serutan kayu import bermerk yang sudah terbukti aman adalah merk Vitakraft. Jadi untuk lebih memudahkan Anda supaya tidak bingung bila hendak memilih bedding serutan kayu, pilihlah serutan kayu lokal yang sekisaran Rp.4000, karena biasanya serutan kayu pinus itu sangat mahal harganya. Jangan menggunakan serutan kayu yang dari hasil serutan tukang-tukang. Karena kayu itu tidak bersih dan banyak mengandung zat kimia seperti pelitur.

2. Pasir Zeloit

Pasir Zeloit terdiri dari berbagai ukuran. Ukuran no.1 adalah ukuran pasir yang paling kecil dan halus hampir menyerupai bedak sehingga cocok untuk dijadikan pasir mandi hamster. Ukuran no.2 adalah ukuran yang agak besar namun tidak sehalus dari yang ukuran pertama, sehingga cocok juga untuk menjadi bedding seluruh kandang dan yang terakhir ukuran no.3 yang paling besar seperti kerikil-kerikil. Saya menggunakan pasir Zeloit no.3 untuk bedding kandang hamster. Pasir Zeloit no.2 untuk toilet dan pasir mandi hamster. Pasir Zeloit sangat ekonomis, karena tidak hanya sekali pemakaian. Pasir Zeloit dapat dicuci lalu dikeringkan sehingga dapat digunakan kembali menjadi bedding kandang hamster. Cara saya mencuci pasir Zeloit adalah dengan cara direndam di dalam air sambil di aduk-aduk sehingga kotoran feces dan bekas makanan seperti kulit biji bunga matahari dan kulit biji burung parkit (Bird Seed) mengambang. Lalu buang airnya dan lakukan dua kali lagi dengan cara yang sama sampai air sudah terlihat jernih. Selanjutnya saya rendam pasir Zeloit yang sudah bersih dengan cairan untuk mengepel lantai yang mengandung disifektan seperti karbol, wipol, dan lain-lain. Disinfektan berguna untuk menghilangkan kuman dan bau pesing yang disebabkan oleh urine hamster. Diamkan selama 1 jam lalu bilas sampai bersih dengan membilasnya 2 kali lagi sehingga tidak berbau, baik itu bau pesing atau bau disinfektan-nya. Lebih baik tidak menggunakan sabun seperti diterjen atau sabun cair untuk menghilangkan bau pesingnya. Karena sisa sabun sangat susah dikeluarkan dari dalam pasir, namun bila Anda hendak menggunakan diterjen atau sabun, Anda harus membilasnya berkali-kali supaya kandungan sabunnya bisa benar-benar hilang. Setelah itu dijemur. Gunakan wadah yang lebar dan datar untuk memudahkan proses pengeringan, namun bila Anda ingin pasir Zeloit yang Anda cuci cepat kering, Anda bisa mengsangrai dengan menggunakan kompor hingga kering.

3. Tissue

Tissue juga dapat dijadikan bedding. Namun tissue mahal harganya. Jika hendak menggunakan tissue sebagai bedding gunakan tissue yang tidak berbau wangi-wangian. Jadi gunakan tissue roll toilet karena murah dan bebas parfum. Saya menggunakan tissue hanya di dalam nesting hamster untuk alas tidur. Hamster sangat senang dengan tissue, karena tissue halus dan hangat sehingga sangat nyaman untuk hamster. Jika anda perhatikan, hamster Anda pasti langsung membawa tissue-tissue yang anda letakkan di dalam kandang untuk diatur sebagai alas tidurnya.

Bedding serutan kayu dan tissue berguna untuk menghangatkan badan hamster. Pasir Zeloit berguna untuk mendinginkan badan hamster bila suhu udara agak panas. Jadi bisa digunakan ketiganya dalam satu kandang. Tapi saya secara pribadi hanya menggunakan pasir Zeolit dan tissue. Saya menggunakan pasir Zeloit no.3 untuk bedding kandang, pasir Zeloit no.2 untuk toilet dan bathing hamster serta tissue hanya di dalam nestingnya. Bila udara dingin sekali seperti musim hujan saya tambahkan tissue dengan meletakkannya di depan nesting, hamster saya nantinya akan membawa semua tissue ke dalam sehingga nesting bisa menjadi sangat hangat dan empuk.

II. MEMILIH
Sebelum Anda memelihara hamster, Anda harus memilih terlebih dahulu jenis hamster, warna, dan kelamin hamster apakah yang Anda suka, dan juga memilih satu jenis kelamin sangat penting untuk mencegah hamster berkembang biak, karena dengan bertambahnya hamster Anda harus menyediakan kandang serta makanan tambahan sehingga budget harus diperhitungkan lagi dan akhirnya dengan menemukan hamster pilihan yang sesuai dengan selera, Anda akan bersemangat mengurus hamster Anda. Dibawah ini salah satu saran saya untuk memilih hamster.

1. Pilihlah hamster yang umurnya dibawah 3 bulan

Kalau saya menganjurkan umur 1 bulan, karena pada saat hamster berumur 1 bulan, hamster sudah bisa hidup mandiri terlepas dari induknya, dan dengan pengalaman saya, pada umur 1 bulan inilah saat yang tepat melatih hamster untuk mengenali toiletnya tempat dia membuang urine. Dan dengan umur 1 bulan ini juga saat yang tepat dia mengenali sarangnya yang berupa rumah-rumahan yang dari plastik tempat hamster itu nantinya menghabiskan seharian untuk tidur. Dan dengan mengadopsi pada umur 1 bulan, Anda dapat menikmati hubungan dengan hamster Anda lebih lama, karena hamster mempunyai umur yang pendek, sekisar 2-3 tahun.

2. Pilihlah hamster yang aktif

Datanglah ke petshop atau tempat-tempat penjualan hamster pada saat matahari terbenam sehingga Anda dapat memantau hamster mana yang aktif dan yang tidak. Hamster pada umumnya aktif di malam hari, karena mereka ini makhluk malam atau Nocturnal. Mereka sangat aktif pada malam hari dan subuh sebelum matahari terbit, namun ada juga hamster yang aktif di pagi dan sore hari. Hamster yang aktif dengan bermain roda putar atau berlarian di dalam kandangnya bertanda bahwa hamster tersebut mempunyai fisik dan kondisi yang sehat. Hamster yang hanya diam atau tidur dipojokan bisa diindikasikan kalau hamster itu sedang sakit. Jadi jangan ambil resiko dengan memilih hamster yang diam saja walaupun dia mempunyai bulu yang Anda suka. Memilih hamster pada malam hari juga sangat menguntungkan, karena setelah memilih, Anda pasti ingin segera membawa hamster itu pulang. Hamster sangat rentan dengan udara yang panas apalagi dengan terkena sinar matahari langsung. Jadi malam hari merupakan saat yang tepat untuk Anda memilih dan membawa hamster Anda pulang.

3. Pilihlah hamster yang mempunyai bulu yang lebat, dan mata yang jernih

Hamster yang tidak mempunyai banyak bulu pertanda bahwa hamster itu masih sangat kecil dan tidak layak untuk diadopsi. Mata yang berair atau tidak jernih pertanda hamster itu sedang mengidap suatu penyakit atau alergi yang berarti daya tahan hamster itu tidak baik atau kondisi badan yang tidak prima. Kedua kuping harus dalam kondisi yang baik dengan tidak ada belahan diatasnya, karena dengan belahan tersebut dapat dikatakan hamster itu pernah terluka akibat berkelahi. Rabalah tubuh hamster, apakah ada benjolan-benjolan atau kulit yang kasar di bawah permukaan bulu. Hamster yang mempunyai keturunan gen yang buruk dapat terlihat dari benjolan-benjolan yang ada di tubuhnya, seperti kanker tumor. Kulit yang kasar pertanda mempunyai masalah kulit yang menyebabkan kulit menjadi tebal dan kasar. Dan yang tidak kalah penting lainnya adalah pilihlah hamster yang mempunyai karakter atau sifat temperamen yang ramah. Tidak suka menggigit atau loncat secara tiba-tiba. Namun dengan semua keterangan diatas gunakanlah insting Anda. Bila hati anda mengatakan bahwa hamster itulah hamster pilihan Anda, berarti memang itulah hamster yang sudah ditetapkan untuk Anda adopsi, karena dengan mengadopsi dan mengurus salah satu makhluk ciptaan Tuhan, Anda sudah turut membantu dalam menjaga segala ciptaan-Nya. Rekomendasi saya untuk membeli hamster dan juga kandang hamster beserta perlengkapannya, Anda dapat berkunjung ke petshop Hamsterforgood. Disana tersedia banyak perlengkapan hamster serta kandang hamster dengan harga grosir. Hamster-hamster juga terpelihara baik dan sehat.

III. PERAWATAN
Ada beberapa poin untuk merawat hamster, dibawah ini adalah poin-poin yang perlu diperhatikan untuk merawat hamter.

1. Kebersihan

Salah satu faktor penting dalam merawat hamster adalah kerajinan Anda menjaga kebersihan kandang. Kebersihan kandang sangat bermanfaat untuk kelangsungan hidup hamster yang sehat juga kesegaran udara di ruangan rumah Anda. Jika hamster Anda sehat segala macam aktifitas Anda dengan hamster bisa penuh dengan hal-hal yang menarik seperti bermain dengan hamster Anda di halaman rumah, memodifikasi kandang hamster Anda dengan mainan-mainan baru yang membuat hamster Anda semakin senang dan lain sebagainya.

Jadi bersihkan kandang hamster Anda sesering mungkin. Namun jangan sampai Anda merasa terbeban dengan rutinitas membersihkan kandang hamster Anda dan yang akhirnya membuat Anda menjadi tidak bersemangat dalam merawat hamster. Untuk kandang yang tidak menerapkan sistem toilet dan bagi Anda yang memelihara lebih dari 3 ekor hamster dalam satu kandang, seminggu sekali setidaknya kandang harus dibersihkan. Ini berarti mencuci kandang, nesting, dan semua mainan yang ada di dalam kandang serta mengganti bedding dengan yang baru. Anda akan melihat hamster-hamster Anda akan menjadi tambah senang dengan kandang yang bersih karena hamster adalah binatang yang sangat menyukai kebersihan, serta udara di sekitar ruangan Anda akan menjadi lebih segar. Untuk botol minuman sebisa mungkin dicuci sampai bersih bila hendak mengisi air yang baru. Saya mengganti airnya seminggu sekali atau bila airnya sudah mulai habis.

Saya membuat praktis dalam rutinitas memelihara hamster. Rutinitas saya adalah dengan memantau kondisi kandang setiap hari. Saya mengangkat setiap kotoran feces yang ada di dalam kandang dengan pinset. Setiap malam saya mencuci nesting supaya tempat tidur hamster saya selalu bersih dan higienis. Saya begitu mengutamakan kebersihan nesting tempat hamster saya tidur, karena hamster menyukai tidur di tempat yang bersih dan nyaman. Dengan menjaga nesting yang selalu bersih akan mencegah berbagai kuman berkembang akibat kotoran-kotoran feces hamster, sehingga dapat mencegah pula berbagai penyakit. Seminggu sekali saya mengganti tissue di dalamnya. Toilet box saya cuci setiap 3 atau 4 hari sekali dan mengganti pasir Zeolitnya dengan yang bersih. Kandang saya cuci total sebulan sekali serta mengganti bedding kandang dengan yang baru. Hasilnya kandang hamster saya selalu bersih dan tidak bau sehingga tidak terlalu membebankan saya dengan rutinitas kebersihan kandang.

2. Makanan

Hamster berbeda dengan binatang pengerat lainnya. Hamster bukan pemakan sayuran seperti kelinci dan marmut. Hamster adalah pemakan makanan kering seperti biji-bijian dan pellet, walau kadang juga desertai dengan mengkonsumsi sayuran yang aman untuk hamster. Namun sayuran bukan makanan utama hamster. Bila hamster diberikan sayuran sebagai makanan utama, sistem pencernaan hamster akan terganggu. Hamster akan sering buang air kecil yang baunya sangat menyengat serta dapat mengakibatkan hamster diare. Diare sangat berbahaya untuk hamster sehingga dapat menyebabkan kematian. Walau penyebab diare juga bukan hanya karena mengkonsumsi sayuran, diare juga dapat disebabkan oleh kandang yang lembab dan kotor, namun sayuran diyakini penyebab utama dari diare. Tapi apabila hamster Anda diare berikanlah daun Dandelion, daun Raspberry atau Teh Camomile yang disuguhkan hangat dan berikan roti panggang sebagai makanannya. Jadi biji-bijian mutlak sebagai makanan utama hamster, jangan menggantinya dengan sayuran walau hamster akan menyatap sayuran yang Anda berikan dengan sangat lahap. Berikut adalah daftar makanan hamster yang bisa diberikan setiap hari:

1. Kacang Kedelai
2. Kacang Hijau
3. Biji Burung Parkit atau Bird Seed
4. Jagung yang sudah dikeringkan
5. Beras Merah dan Putih
6. Biji Bunga Matahari
7. Kacang Tanah
8. Pellet Kelinci

Itulah menu makanan hamster yang saya berikan setiap hari ditambah dengan pellet produk import merk Hartz dengan nama Hamster & Gerbil Puffed Food. Harganya lumayan mahal Rp.42.000 tapi bisa sampai 4 bulanan atau lebih untuk pemeliharaan 1 ekor hamster, Anda dapat membelinya di Fancy Petshop Blok M Plaza Jakarta Selatan. Berikan hanya 2 atau 3 pelet sehari untuk satu hamster. Pellet itu berukuran bulatan besar berwarna hijau dan hamster sangat menyukainya dan dalam satu hari tidak ada yang tersisa dan kandungan nutrisi pellet itu juga lengkap.

Biji Bunga Matahari dan Kacang Tanah harus dengan porsi yang tidak terlalu banyak, cukup 2 kacang tanah dan 10 biji Bunga Matahari dalam sehari untuk satu hamster, karena biji Bunga Matahari dan Kacang Tanah mengandung lemak tinggi sehingga dapat mengakibatkan obesitas dan masalah jantung terutama untuk hamster mini. Biasakan hamster Anda untuk mengkonsumsi biji-bijian sehat seperti Kacang Kedelai yang berprotein tinggi, bagus untuk pertumbuhan bulu dan kuku yang sehat serta Kacang Hijau yang mengandung banyak vitamin.

Banyak petshop sudah meracik makanan hamster yang baik sehingga memudahkan Anda untuk memberikan hamster makanan yang benar dan sehat. Tapi harus diperhatikan banyak makanan racikan petshop yang terdapat kutu di dalam bungkusannya. Jadi periksalah sebelum membeli makanan racikan tersebut. Selain racikan sendiri, produk import juga banyak yang menyedikan makanan hamster yang bermutu namun dengan harga yang bisa di bilang mahal. Banyak produk import makanan hamster yang ada di Indonesia diantaranya adalah:

1. Vitacraft
2. Hamsfood
3. Marukan
4. Kaytee
5. Hartz
6. MyHams’s

Saya meracik sendiri makanan hamster dengan tidak mencampur biji-bijian dan pellet yang saya sudah sebutkan di atas di dalam satu toples. Setiap biji-bijian dan pellet saya letakkan di satu toples terpisah. Jadi ada 9 toples yang isinya adalah biji-bijian dan pellet tersebut. Karena hamster tidak seperti binatang peliharaan lainnya yang dapat menghabiskan makanannya pada saat diberikan, ini dikarenakan bahwa hamster gemar sekali menyimpan makanannya di dalam liang dan memakannya bila dia sedang lapar dan merasa senang bila ada persediaan makanan di dalam nestingnya. Saya memberikan makanan baru setiap hari pada waktu malam. Sebelum saya memberikan makanan baru, saya lihat terlebih dahulu di dalam nestingnya dengan mengambil biji-biji yang masih tersisa dengan pinset seperti Kacang Kedelai, Kacang Hijau, Biji Bunga Matahari, Kacang Tanah, Jagung Kering dan pellet-pelet yang belum berjamur. Tapi untuk beras dan bird seed saya ganti yang baru setiap hari karena biji-biji itu kecil dan sulit untuk dipisahkan jadi berikan beras dan bird seed dalam porsi yang sedikit sekali supaya tidak banyak yang terbuang percuma. Selanjutnya saya letakkan di wadah lain biji-bijian dan pellet yang saya pisahkan tadi sementara nesting dan mangkok makanan-nya saya cuci. Setelah mangkok makanan dan nesting-nya bersih dan dikeringkan, saya lalu meletakan kembali biji-bijian yang tersisa itu ke dalam mangkok makanan-nya dan menambahkan untuk setiap biji-bijian dan pellet yang sudah berkurang, jika ada biji-bijian yang masih banyak saya tidak menambahkannya lagi. Itulah metode yang saya terapkan untuk memberikan hamster saya diet yang sehat.

Untuk sayuran saya memberikan setiap hari satu iris wortel kecil yang dipotong bulat dan 4 kecambah tauge. Karena wortel sangat bagus untuk mencegah banyak penyakit seperti kanker dan tauge banyak mengandung vitamin K untuk kesuburan hamster. Selebihnya bila ada kesempatan saya kadang memberikan brokoli. Namun saya tidak terlalu suka dengan bau sayur brokoli jadi sangat jarang saya berikan. Dan inilah sayuran yang dapat dikonsumsi hamster:

1. Wortel
2. Tauge
3. Brokoli
4. Bayam
5. Selada
6. Kentang rebus
7. Jagung manis
8. Ketimun

Bagi banyak orang tidak menganjurkan ketimun, bayam, dan selada. Tapi bayam dan selada adalah sayuran yang aman untuk dikonsumsi hamster, karena memberikan tubuh untuk cepat menyembuhkan luka. Ketimun juga aman dikonsumsi hanya bila diberikan terlalu banyak akan menyebabkan diare karena kandungan airnya yang banyak dan nutrisinya yang sedikit. Begitu pula dengan jagung manis yang bila terlalu banyak di konsumsi dapat menyebabkan kerontokan bulu dan untuk hamster mini dapat menyebabkan diabetes. Jadi semua sayuran diatas dapat diberikan dengan porsi yang sedikit sekali dan diberikan seminggu sekali kecuali wortel dan tauge dapat diberikan setiap hari dengan porsi yang sedikit pula. Hindari dan jangan berikan hamster Anda: Kangkung, Kol, dan Sawi. Sayuran itu mengandung gas dan getah yang dapat menyebabkan rusaknya pencernaan hamster yang tidak bisa menerima makanan dengan tingkat kelembaban tinggi, dan sawi diketahui dapat menyebabkan kelemahan tulang punggung. Jangan pernah memberikan hamster Anda cabe merah, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, tomat, terong, dan kentang mentah, semua tidak baik untuk pencernaan hamster.

Untuk buah-buahan juga penting bagi kesehatan rongga perut dan jantung sehingga sangat bijak bila memberikan hamster Anda potongan kecil buah sesekali dalam seminggu. Tapi hindari buah yang asam atau buah-buahan Citrus seperti jeruk juga daun jeruk dan daun tomat. Berikut daftar buah yang baik untuk hamster adalah:

1. Appel (tanpa biji)
2. Pisang
3. Blackberry
4. Blueberry
5. Cantoloupe (semacam melon tapi berwarna merah)
6. Chery
7. Cranberry
8. Anggur (tanpa biji)
9. Lychee
10. Mangga
11. Melon
12. Persik (tanpa biji)
13. Prem
14. Raspberry
15. Strawberry
16. Pir

Selanjutnya hamster juga sangat gemar snack. Tapi jangan berikan hamster Anda semua jenis cemilan yang biasa Anda makan. Tubuh hamster perlu pasokan nutrisi yang alami dan sehat setiap hari. Jadi snack hanya sebagai makanan sambilan. Berikut adalah snack yang dapat diberikan kepada hamster dengan porsi yang sangat sedikit dan tidak setiap hari.

1. Roti tawar biasa atau yang dipanggang
2. Cream Cracker Khong Guan yang tanpa gula
3. Keju Kraft Cheddar
4. Popcorn tawar
5. Kacang Mede tawar
6. Nasi
7. Bubur gandum tawar (Oatmeal)
8. Telur rebus
9. Daging ayam rebus atau kukus tanpa bumbu atau garam
10. Daging sapi rebus atau kukus tanpa bumbu atau garam
11. Tahu dan tempe rebus atau kukus (tanpa garam atau bumbu)
12. Corn Flakes

Hamster juga bisa memakan ulat tepung, jangkrik, dan belalang. Tapi itu semua harus di beli di petshop karena sudah terjamin kebersihannya.

Itulah beberapa snack yang dapat di berikan kepada hamster Anda, tapi jangan berikan hamster Anda ikan asin dan semua masakan berbumbu, coklat, permen dan makanan ringan bergaram lainnya.

3. Penempatan

Salah satu faktor penting untuk memelihara hamster adalah penempatan kandang hamster. Hamster adalah binatang yang menyukai privasi, ketenangan dan kenyamanan. Jadi tiga faktor itulah yang harus diterapkan bila menempatkan kandang hamster Anda. Tapi yang paling utama menurut saya adalah faktor kenyamanan dengan memperhatikan suhu udara di sekitar kandang. Hamster sangat rentan dengan suhu yang panas. Jadi letakkan kandang hamster Anda di tempat yang teduh dan bersirkulasi udara yang baik dan berangin sepoi-sepoi. Kandang hamster memang disarankan di dalam rumah atau indoor, namun jika hendak menempatkan kandang hamster Anda di luar rumah atau outdoor, harus diletakkan ditempat yang teduh, kering, dan tidak terkena sinar matahari langsung. Jangan yang hanya di atapi oleh asbes karena di siang hari sekitarnya akan terasa panas menyengat walau terlihat teduh dan tidak terkena sinar matahari langsung, keadaan panas itulah yang membuat hamster kebanyakan stress dan tidak merasakan kenyamanan sehingga menyebabkan kematian dengan terserang heatstroke.

Keadaan suhu yang baik di dalam atau luar ruangan adalah tempat yang teduh dan berangin sepoi-sepoi. Anda bisa merasakan sendiri suhu udara di dalam atau di luar ruangan sekitar Anda bila panas, pengap dan sebagainya. Saya menempatkan kandang hamster saya di dalam kamar. Karena suhu udara di kamar biasanya teduh dengan jendela dan pintu kamar yang harus sering-sering dibuka. Sebagai contoh, bila cuaca sedang panas sekali, suhu udara di dalam kamar akan terasa teduh dengan masuknya angin sepoi-sepoi. Jadi jangan hanya jendela saja yang dibuka namun pintu juga harus di buka sehingga angin akan bisa masuk melalui jendela dengan mudah dan keluar lewat pintu, dan sebaliknya dari pintu ke jendela sehingga menciptakan suhu udara yang teduh di dalam kamar atau ruangan meskipun cuaca sangat panas.

Untuk cuaca yang dingin, saya tidak begitu kuatir. Karena hamster akan mengumpulkan bedding sebanyaknya untuk diletakan di dalam nestingnya. Jika cuaca sedang dingin sekali seperti musim hujan apalagi di malam hari, saya hanya memberikan bedding tissue tambahan di depan nesting hamster, nantinya hamster saya akan membawa tissue-tissue itu kedalam nesting sehingga nesting tertutup dengan tissue, dan saya bisa melihat hamster saya merasakan kenyamanan dengan hangatnya tissue-tissue di dalam sarangnya.

Ukuran untuk suhu ideal adalah 18°C - 26°C. Tapi saya tidak pernah melihat ukuran itu karena saya tidak menggunakan thermometer untuk bisa mengetahui ukuran suhu tersebut, jadi saya hanya merasakan saja apakan suhu sekitar kandang hamster saya nyaman atau tidak seperti yang sudah saya jelaskan di atas.

Tempat yang tidak gaduh atau berisik adalah tempat yang baik juga untuk menempatkan kandang hamster. Karena hamster gemar tidur di siang hari untuk bisa aktif kembali di malam hari. Tempat yang tenang akan membuat hamster Anda menjadi tambah senang. Serta privasi hamster juga harus kita hargai. Jangan kita memaksakan dia keluar dari nestingnya jika hamster anda sedang tidur atau bersembunyi. Saat yang baik mengetahui hamster Anda sedang ingin bermain dengan Anda adalah apabila hamster Anda sedang menggigit-gigit jeruji atau mondar-mandir di depan pintu kandangnya. Bila Anda melihat hamster Anda sedang melakukan hal-hal demikian, ajaklah dia main selama 10-15 menit, dengan demikian akan memperkuat hubungan Anda dengan hamster peliharaan Anda.

IV. LINTASAN PENGETAHUAN
Dari berbagai pengamatan saya dan pengalaman pribadi, memelihara hamster adalah sesuatu yang menyenangkan. Hamster juga menjadi sahabat saya bila saya sedang sendirian di kamar. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan pada saat memelihara hamster, karena masih banyak juga orang tidak mengerti pada saat mereka memelihara hamster.

1. Hamster tidak boleh dijemur
Hamster berbeda dengan binatang pengerat lainnya seperti yang sering saya singgung. Anda dapat menjemur binatang kesayangan Anda seperti kelinci, marmut, anjing dan kucing di bawah sinar matahari pagi yang menyehatkan. Tapi jangan Anda menjemur hamster Anda. Hamster sangat sensitif dengan suhu yang panas, terlebih lagi terkena sinar matahari langsung. Hamster di alam liar menghabiskan waktunya di siang hari dengan tidur di dalam liangnya yang jauh dari permukaan tanah dan bangun menjelang matahari terbenam untuk mencari makanan. Segala aktifitas hamster sampai mengawinkan sesama mereka pada saat matahari terbenam atau pada saat malam hari dan subuh menjelang matahari terbit. Jadi hamster tidak memerlukan sinar matahari untuk menyehatkan badan mereka. Malahan sinar matahari dan keadaan yang panas dapat membunuh mereka. Jadi jangan menjemur hamster Anda.

2. Hamster tidak boleh dimandikan dengan air.
Hamster mandi dengan pasir. Sungguh aneh tapi memang demikian. Hamster berguling-guling di pasir untuk membersihkan tubuh dan bulu mereka dari kotoran serta bulu mereka yang sering berminyak. Hamster sangat rentan dengan air. Air dapat menyebabkan mereka sakit seperti flu dan demam bila tubuh mereka sampai basah oleh air. Bila hamster Anda kotor dan Anda sangat ingin memandikannya bisa dengan cara mengelap tubuh hamster dengan kain yang basah. Tapi jangan pernah mengguyur hamster Anda dengan air. Ada laporan beberapa orang yang memandikan hamster Sirian mereka dengan mengguyurkan air secara langsung di tubuh hamster-nya namun tidak berdampak buruk bagi hamster. Tapi ingat kondisi badan hamster tidak semua fit jadi jangan mengambil resiko dengan melakukan tindakan yang tidak perlu ini. Hamster mini sangat rentan dengan air jadi sebisa mungkin jangan sampai tubuh mereka basah.

3. Hamster tidak boleh diberikan sayuran sebagai makanan utama
Hamster pemakan biji-bijian. Sayuran dapat menyebabkan diare dan mengakibatkan kondisi kandang yang berbau dan basah oleh karena kencing hamster yang berlebihan serta feces yang lembek dan cair sehingga membuat Anda harus sering mengganti bedding dan mencuci kandang yang akhirnya berakibat Anda jadi tidak bersemangat mengurus hamster karena terbeban oleh rutinitas tersebut. Kandang yang basah dan bau juga dapat menyebabkan berbagai penyakit baik hamster dan Anda serta dapat mengakibatkan kematian hamster yang di karenakan oleh diare. Jadi berikan makanan hamster dengan benar yaitu biji-bijian.

4. Jika hamster Anda kabur
Tutup semua jendela dan pintu dan letakan makanan hamster dan beberapa potong sayuran di lantai. Hati-hati pada saat Anda melangkah dan berjalan dirumah Anda, karena hamster bisa saja datang tiba-tiba dan terinjak. Apabila hamster sudah mulai lapar, hamster itu pasti akan keluar untuk mencari makan. Cari disetiap tempat yang Anda pikir tempat hamster itu bersembunyi termasuk dibawah kasur, dibawah lemari pakaian, lemari piring, dan di dalam kamar mandi Anda. Juga Anda bisa meletakan kandang hamster dengan pintu yang terbuka di lantai, biasanya bila hamster melihat kandangnya, hamster itu akan masuk dengan sendirinya. Atau juga Anda bisa menggunakan sistim ember. Letakan ember dilantai dengan sesuatu untuk bisa dinaiki hamster dan letakan makanan hamster serta sedikit sayuran di dalam ember. Jadi apabila hamster menaiki ember dan mencium bau makanan di dalam ember, hamster itu pasti akan langsung jatuh kedalam ember dan tidak bisa memanjat keluar lagi. Masalahnya adalah hamster bisa terluka pada saat terjatuh dari atas ember. Jadi berikan banyak bedding yang lembut supaya hamster dapat mendarat dengan empuk pada saat hamster masuk ke dalam ember.

5. Cucilah tangan Anda

Cuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah memegang hamster untuk keamanan dan kesehatan hamster juga kesehatan Anda. Banyak penyebab penyakit terjadi oleh karena kuman dan bakteri yang di transfer melalui tangan baik untuk hamster dan juga Anda. Pentingnya mencuci tangan mencegah hamster Anda menggigit tangan Anda yang disebabkan oleh bau makanan. Bila Anda baru menggosokan lotion anti nyamuk atau pelembab, cucilah tangan Anda sebelum memegang hamster. Jadi kebiasaan mencuci tangan dengan sabun sangat bermanfaat dan menguntungkan bagi hamster dan Anda. ―Obaja

1 comment:

  1. apakah tisu tersebut tidak berbahaya jika dimasukkan ke kandang hamster ? karna saya sudah mencoba ny memberi 1 lembar tisu di dalam kandang hamster tersebut tetapi yg saya perhatikan hamster tersebut lgsg menggragotinya seperti memakannya..jadi saya takut karna saya pkir hamster saya memakan tisu tersebut jadi lgsg saya cepat2 keluarkan tisu tersebut T_T

    ReplyDelete